Dukung Layanan Kemanusiaan Kepada Masyarakat Berkualitas

Kontribusi dari DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS, 17 Juni 2021 16:19, Dibaca 8 kali.


MMCKalteng - Gunung Mas – Wakil Bupati Gunung Mas yang juga sebagai Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Gunung Mas Efrensia L.P Umbing membuka kegiatan rekrutmen dan pelatihan relawan PMI Ranting Kecamatan Kurun bertempat di Markas PMI Gumas, Kamis (17/6/2021). Jumlah peserta relawan sebanyak 17 orang yang berasal dari wilayah Kecamatan Kurun.

Ketua PMI Gunung Mas Efrensia L.P Umbing mengatakan, PMI adalah perhimpunan nasional yang didirikan di Indonesia untuk membantu meringankan penderitaan sesama manusia akibat bencana, baik bencana alam dan non alam (seperti Covid-19) maupun akibat ulah manusia tanpa membedakan latar belakang korban atas dasar prioritas yang paling membutuhkan pertolongan. Visi PMI adalah PMI yang berkarakter profesional, mandiri dan dicintai masyarakat, sedangkan Misi PMI adalah menjadi organisasi kemanusiaan terdepan memberikan layanan berkualitas kepada masyarakat sesuai dengan prinsip-prinsip dasar gerakan palang merah dan Bulan Sabit.

(Baca Juga : Puncak Perayaan HKN ke-55, Bupati Kobar Ajak Masyarakat Jaga Kebersihan)


Selain itu, meningkatkan kemandirian organisasi PMI melalui kemitraan strategis yang berkesinambungan dengan pemerintah, swasta, mitra gerakan, masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya di semua tingkatan, serta meningkatkan reputasi organisasi PMI di tingkat Nasional dan Internasional. Efrensia L.P Umbing menyebutkan, prinsip dasar gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah adalah gerakan melindungi hidup dan kesehatan serta menjamin penghargaan kepada umat manusia, tidak membuat perbedaan atas dasar kebangsaan, ras, agama, atau pandangan politik.

Menurutnya, kegiatan ini bertujuan agar PMI dapat menjalankan tugas-tugas kemanusian dan kepada masyarakat khususnya pada saat pandemi yang melanda dunia saat ini dan mendidik peserta agar peduli sosial antar sesama manusia melalui kegiatan donor darah dan kegiatan sosial lainnya tanpa mengharapkan imbalan apapun. PMI terdiri dari tiga bagian komponen, yang pertama sukarela,  kedua pegawai dan ketiga pengurus.

“Saya berharap para relawan peserta kegiatan tetap sehat, bersemangat, serius dan bergembira mengikuti kegiatan sampai selesai dan ilmu yang didapat hari ini dapat bermanfaat dan dapat diterapkan kepada masyarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Gunung Mas,” tukasnya. (Iswanto / Foto: Iswanto)

DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook