Pemprov Diminta Realisasikan Bantuan untuk Petani

Kontribusi dari Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng, 06 Januari 2021 07:28, Dibaca 5 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Mengawali tahun 2021, kalangan DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) meminta kepada pemerintah untuk merealisasikan program bantuan di bidang pertanian dan peternakan. Pasalnya, saat ini banyak petani dan peternak khususnya di wilayah pelosok Bumi Tambun Bungai yang memerlukan uluran tangan pemerintah.

Hal ini disampaikan Anggota Komisi II DPRD Kalteng yang membidangi ekonomi dan Sumber Daya Alam (SDA) HM. Sriosako saat dibincangi di gedung dewan, Selasa (5/1/2021). Menurutnya, sudah menjadi kewajiban pemerintah untuk mendorong peningkatan perekonomian daerah melalui ketahanan pangan baik itu pertanian maupun peternakan.

(Baca Juga : Komisi C Tinjau Anjungan Kalteng di TMII)

“Kita bercermin tahun 2020 lalu, yang merupakan tahun kelam, dimana perekonomian Kalteng menurun secara drastis, khususnya di sektor pertanian dan peternakan, akibat dampak dari Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19. Sehingga di awal tahun 2021 ini, kita kembali mendorong pemerintah untuk kembali membangun perekonomian melalui ketahanan pangan,” ucap Sriosako.

Wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) I meliputi Kabupaten Katingan, Gunung Mas (Gumas) dan Kota Palangka Raya ini juga mengatakan, saat ini hal yang dibutuhkan oleh para petani dan peternak di wilayah pelosok adalah bantuan bibit beserta Sarana dan Prasarana (Sapras) berupa Alat Mesin Pertanian (Alsintan).

“Yang diperlukan petani sekarang adalah bantuan bibit, pupuk, serta Alsintan. Karena selama masa pandemi Covid-19, para petani khususnya di wilayah pelosok hanya bisa beraktivitas dengan sapras seadanya,” tegasnya.

Selain itu, sambungnya, hal lain yang juga harus menjadi atensi pemerintah saat ini adalah perlunya perhatian bagi para peladang. Mengingat bahwa sejumlah wilayah di Kalteng adalah perbukitan dan tidak cocok untuk mengimplementasikan sistem persawahan.

“Perlu diingat juga bahwa tidak semua daerah di Kalteng cocok diterapkan sistem persawahan. Sehingga perlu adanya perhatian bagi para peladang mengingat sistem berladang merupakan satu-satunya cara bertahan hidup bagi masyarakat lokal yang tinggal di wilayah pelosok khususnya perbukitan,” pungkasnya. (Rovie / Foto: Rovie)

Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
DPRD
DPRD
DPRD
DPRD
DPRD
DPRD
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook