Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Kalteng Melantik Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Barito Utara Masa Bakti 2021-2026

Kontribusi dari Widia Natalia, 16 Juni 2021 15:32, Dibaca 262 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Ivo Sugianto Sabran melantik Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Barito Utara Masa Bakti 2021-2026 H. Nadalsyah dari Aula Jayang Tingang Lantai II Kantor Gubernur Kalimantan Tengah, Rabu (16/6/2021). Acara pelantikan ini digelar secara virtual melalui konferensi video dihadiri oleh Bupati Barito Utara selaku Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Barito Utara, Anggota Forkompimda Kabupaten Barito Utara, Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kepala Instansi Vertikal Kabupaten Barito Utara, Ketua Kwarcab beserta Andalan Cabang, Ketua Kwartir Ranting beserta Andalan Ranting se-Kabupaten Barito Utara, Pimpinan Saka, Pelatih serta Pembina Pramuka dari tempat masing-masing.


Pelantikan Mabicab Gerakan Pramuka Barito Utara Masa Bakti 2021-2026 ini dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalteng Nomor: 014 Tahun 2021 tertanggal 08 Juni 2021 tentang Susunan Pengurus Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Barito Utara Masa Bakti 2021-2026.

(Baca Juga : Sekda Kalteng Hadiri Rakor Pemanfaatan Anjungan Pemerintah Daerah pada Taman Mini Indonesia Indah )

Dalam sambutannya, Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Prov. Kalteng Ivo Sugianto Sabran menyampaikan proses Pelantikan Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Barito Utara saat ini merupakan yang kedua dalam kepengurusan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalteng, sehinga forum penting ini sebagai upaya koordinasi, informasi dan komunikasi dalam berbagai hal antara Kwartir Cabang dengan Kwartir Daerah, sehingga tercipta kesatuan pemahaman bahasa dan gerak langkah dalam rangka meningkatkan peran serta Pramuka dalam pembangunan Bangsa.


Ivo Sugianto Sabran mengatakan, Pelantikan kali ini berada dalam suasana keprihatinan yang melanda seluruh negara di dunia ini.

“Wabah Virus Corona ini sedang menguji kita dalam melakukan berbagai hal, termasuk kegiatan pramuka yang mau tidak mau harus mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan Pemerintah. Hal ini adalah untuk kepentingan kita semua. Sebagai Anggota Pramuka kita berkewajiban untuk berperan serta Membantu Pemerintah dalam Penanggulangan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19”, ucap Ivo Sugianto Sabran.


Ivo Sugianto Sabran berharap, melalui Gerakan Pramuka diharapkan menjadi perekat persatuan dan kesatuan, dalam menumbuh kembangkan semangat nasionalisme dan patriotisme, yang berkualitas, sehingga para anggota pramuka dapat meningkatkan perannya dalam pembangunan bangsa sebagai perwujudan mewujudkan cita-cita proklamasi kemerdekaan Negara Indonesia tercinta. Oleh karena itu, peran dan tugas Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Barito Utara saat ini dan masa yang akan datang mempunyai peranan yang strategis dalam meningkatkan wawasan kebangsaan bagi kalangan generasi muda khususnya generasi muda melalui kegiatan kepramukaan di wilayah Kabupaten Barito Utara.

Hal tersebut sejalan dengan Misi Gerakan Pramuka yang meliputi, antara lain menanamkan nilai nilai kepramukaan kepada kaum muda, membina anggota menjadi manusia yang berwatak, berbudi pekerti luhur,serta berkecakapan hidup berlandaskan iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi, membentuk kader bangsa patriot pembangunan yang memiliki jiwa bela Negara dan menggerakan anggota dan organisasi Gerakan Pramuka agar peduli dan tanggap terhadap masalah-masalah kemasyarakatan.

Ivo Sugianto Sabran menjelaskan, untuk mencapai misi tersebut dilakukan berbagai kegiatan yang meliputi, antara lain melibatkan anak muda dalam suatu proses pendidikan non-formal melalui kepramukaan sebagai masa pembentukan pribadinya, menggunakan suatu metode khusus yang membentuk masing-masing individu sebagai penggerak utama dalam pengembangan dirinya sendiri, untuk menjadi orang yang mandiri, siap membantu sesamanya, bertanggung jawab yang dapat diandalkan dan membantu mereka dalam membentuk suatu sistem nilai yang didasarkan atas azas-azas spiritual, sosial dan kepribadian, sebagaimana dinyatakan dalam satya dan dharma pramuka.

Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Prov. Kalteng meminta dukungan dari semua komponen yang ada di Kabupaten Barito Utara, termasuk di dalamnya Mabicab. Mabicab dalam Gerakan Pramuka merupakan satuan organisasi Gerakan Pramuka yang berfungsi memberikan bimbingan dan bantuan yang bersifat moril, organisatoris, material dan finansial kepada Kwartir.


Pada kesempatan yang sama, Ivo Sugianto Sabran menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Barito Uatara masa bakti 2015-2020.

“Saya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Barito Uatara masa bakti 2015-2020, atas kerjasamanya, dan Pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Barito Utara masa bakti 2020-2025 yang akan dilantik oleh Ketua Mabicab, kami ucapkan selamat menjalankan tugas dan kewajibannya sebagai Pengurus Kwartir Cabang”, tandas Ivo Sugianto Sabran.

Untuk diketahui, susunan Pengurus Mabicab Gerakan Pramuka Barito Utara Masa Bakti 2021-2026 diantaranya sebagai Ketua yakni Bupati Barito Utara, Wakil Ketua I yakni Wakil Bupati Barito Utara, Wakil Ketua II yakni Ketua DPRD Kabupaten Barito Utara, Wakil Ketua III yakni Kapolres Barito Utara, Wakil Ketua IV yakni Komandan Kodim 1013 Muara Teweh, Wakil Ketua V yakni Kepala Kejaksaan Negeri Muara Teweh, Wakil Ketua VI yakni Ketua Pengadilan Negeri Muara Teweh, Wakil Ketua VII yakni Ketua Pengadilan Agama Muara Teweh, Sekretaris yakni Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Utara, Wakil Sekretaris yakni Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Barito Utara serta anggota yang terdiri dari 17 orang. (WDY/Foto:Asep)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook