Gubernur Sampaikan Kesiapan Kalteng Dalam Diskusi Rencana Pemindahan Ibukota

Kontribusi dari Ari Purna Prahara, 06 Mei 2019 12:36, Dibaca 799 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) H. Sugianto Sabran menyampaikan beberapa hal penting saat menghadiri undangan Kantor Staf Presiden sebagai narasumber dalam diskusi media, dengan topik "Rencana Pemindahan Ibukota", bertempat di Ruang Rapat Umum, Gedung Bina Graha, Jakarta.

"Sesuai dengan arahan Bapak Presiden tahun 2016, Saya selaku Gubernur telah siap dan sudah mencadangkan lahan untuk kebutuhan Ibukota di Kalimantan Tengah", ucap H. Sugianto Sabran.

(Baca Juga : Kalteng Raih Penghargaan Pembinaan Proyek Jalan Terbaik dari Kementerian PUPR)

Orang nomer satu di Bumi Tambun Bungai ini menyampaikan bahwa Kota Palangka Raya adalah cita-cita Soekarno untuk masa depan Ibukota Pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Dari sisi geopolitik pertahanan nasional, daerah ini terletak di tengah Indonesia, bebas dari rawan bencana serta aman.

"Selaku Wakil Pemerintah Pusat di daerah, Saya sudah cadangkan dan amankan dan siap mensukseskan rencana revolusioner pembangunan Ibukota Pemerintahan NKRI dari visi Nawacita Presiden Joko Widodo", lanjut Gubernur Kalteng, Senin (6/5/2019).

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional / Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan, pertemuan ini adalah tindaklanjut atas diskusi minggu lalu tentang pemindahan Ibukota.

Menurut Bambang, banyak faktor sehingga harus dilaksanakan pemindahan ibu kota. Di antaranya, kesenjangan sosial Pulau Jawa dan luar Pulau Jawa, ingin membangun kota metropolitan baru, hingga beban Jakarta sebagai ibu kota dibandingkan daerah lainnya sudah cukup tinggi.

Turut hadir mendampingi Gubernur, Sekretaris Daerah Kalteng Fahrizal Fitri, S.Hut., M.P, Tim Percepatan Pembangunan (TPP) Kalteng Berkah, Kepala Bappedalitbang Yuren S. Bahat, Kepala Dinas Kehutanan Kalteng. (Press Release Media Center Prov. Kalteng)

Ari Purna Prahara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook