Tekan AKI dan AKB, Dinkes Kobar Gelar Kegiatan Penguatan Kapasitas Bidan

Kontribusi dari Diskominfo Kobar, 14 Juni 2021 15:54, Dibaca 17 kali.


MMCKalteng - Kotawaringin Barat - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar kegiatan Penguatan Kapasitan Bidan dalam Percepatan Penurunan AKI / AKB (Penanganan Kegawatdaruratan pada Bayi Baru Lahir) Tingkat Kabupaten Kobar Tahun 2021 di aula kantor Dinkes pada Senin (14/6/2021). Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Rumah Sakit Sultan Imanuddin (RSSI) Pangkalan Bun, yaitu Dokter Spesialis anak dr. Windy Saufia Afriyanti, Sp.A, Ms.C.

Kepala Dinkes Kobar melalui Sekretaris Arif Susanto menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kelanjutan dari kegiatan-kegiatan sebelumnya, dimana pihak Dinkes melihat kasus kegawatdaruratan baik maternal maupun perinatal ini harus ditangani, mulai dari penguatan manejemen sistem rujukan kemudian penguatan di pemberdayaan masyarakat pada kegiatan kemarin. Kemudian nanti akan ada forum peduli kesehatan ibu dan anak akan dikembangkan.

(Baca Juga : Staf Khusus Kemendag Cek Harga Sembako di Palangka Raya)

"Pada pertemuan kali ini tujuannya adalah memperkuat kompetensi sumber daya manusia untuk kesehatan yaitu temen-teman bidan dan perawat desa serta di puskesmas yang melayani persalinan 24 jam, sehingga ini perlu penguatan kompetensi melalui kerja sama dengan narasumber dokter spesialis anak dari Rumah sakit sultan imanuddin Pangkalan Bun untuk selalu mendampingi penguatan kompetensi ini,” jelas Arif.

Arif juga menerangkan, karena kasus-kasus kedaruratan ini jika tidak mendapatkan upgrade bagi teman-teman SDM yang ada di pelayanan, itu nantinya akan memberikan efek resiko terhadap terjadinya kegagalan atau kefatalan dalam pertolongan baik di persalinan yang berdampak pada kesehatan ibu dan keselamatan ibu serta kesehatan dan keselamatan bayi.

“Jadi dinkes selalu memberikan support dengan peralatan-peralatan yang nanti akan digunakan petugas di desa khususnya," tandasnya.

Kegiatan ini dihadiri sebanyak 18 peserta yang terdiri dari perwakilan puskesmas poned masing-masing 2 orang dan bidan desa dari wilayah kerja puskesmas se-kobar masing-masing 1 orang. (irawan/dinkes kobar)

Diskominfo Kobar

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook