Kadislutkan Hadiri Rapat Koordinasi Pengelolaan Perikanan Perairan Darat se-Kalimantan Tengah

Kontribusi dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah, 10 Juni 2021 12:50, Dibaca 158 kali.


MMCKalteng Palangka Raya Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Kadislutkan) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Ir. H. Darliansjah, M.Si hadir dan membuka langsung kegiatan Rapat Koordinasi Pengelolaan Perikanan Perairan Darat se-Kalimantan Tengah di Aula Dinas setempat, Kamis (10/6/2021). Turut hadir Kepala Bidang Perikanan Tangkap Prov. Kalteng Ir. H. Arief Rakhman F., M.Si, Kepala Seksi Pemanfaatan dan Pengendalian Sumber Daya Ikan Agus Salim, S.Pi., Koordinator Bidang SDI Perairan Darat Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap (DJPT) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Dyah Harini, SH, Sub Koordinasi Bidang SDI Perairan Darat Lili Widodo,S.Hut,M.Si, dan OPD dari 14 Kabupaten/Kota se-Kalimantan Tengah yang membidangi perikanan.

Pertemuan ini dalam rangka optimalisasi upaya penyediaan data dan informasi kondisi pengelolaan perikanan di WPPNRI-PD yang ada di Kalimantan Tengah. Wilayah Kalimantan Tengah termasuk dalam WPP-PD NRI 435, yang meliputi sungai Kapuas, Sungai Barito, Sungai Kahayan, Sungai Sambas, Sungai Pawan, Sungai Pembuang, Sungai Lamandau, Danau Empangau, Danau Sentanrum, Waduk Rian Kanan di Daerah Sungai Lamandau sampai Kapuas dan Perairan Darat Lainnya di wilayah tersebut.

(Baca Juga : Kecamatan di Beberapa Kabupaten Kalteng Alami Banjir )

Kegiatan penangkapan sumber daya ikan di Perairan Umum Daratan (PUD) menunjukkan kecenderungan yang semakin meningkat dan tidak terkendali. Selain itu, ekosistem perairan umum daratan juga mendapat tekanan dari berbagai sektor seperti adanya alih fungsi lahan menjadi areal perkebunan sawit.


Dalam rangka meningkatkan pengelolaan Kawasan Sumber Daya Ikan, maka diperlukan data dan informasi awal sebagai dasar di dalam melaksanakan pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya ikan di perairan umum darat. Dalam sambutannya, Kadislutkan Prov. Kalteng H. Darliansjah menyampaikan perlunya menyusun rencana pengelolaan perikanan berdasarkan kewenangan wilayah dan jenis ikan.

“Sangat perlunya penyusunan rencana pengelolaan perikanan berdasarkan kewenangan wilayah dan jenis ikan. Dan Pentingnya pendataan dan informasi yang diupdate ke provinsi dan pusat, sehingga tetap terjaga kelestarian sumber daya ikan yang ada di Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah," ucap H. Darliansjah.

Kesempatan yang sama, Dyah Harini selaku narasumber menyampaikan bahwa potensi perairan darat yang ada di Kalimantan Tengah menurut data statistik tahun 2019 cukup besar dan pernah berada pada nomor urut 6 se-Indonesia, dengan jumlah produksi mencapai 43,030 ton dengan rata- rata kenaikan dalam 10 tahun mencapai 3,21% per tahunnya. Dan diharapkan untuk ke depannya agar permasalahan yang ada di Kalimantan Tengah dapat segera diselesaikan guna menyusun rancangan kegiatan tahun 2020–2024 (DJPT). (AS/Foto: Adt)

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook