Plt. Sekretaris Daerah Kalteng Membuka Acara Hari Lingkungan Hidup Tahun 2021

Kontribusi dari Widia Natalia, 11 Juni 2021 10:37, Dibaca 156 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Plt. Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) H. Nuryakin membuka secara resmi Acara Hari Lingkungan Hidup Tahun 2021, bertempat di Kawasan Wisata kereng Bangkirai, Jumat (11/6/2021).

Plt. Sekretaris Daerah Prov. Kalteng H. Nuryakin saat membacakan sambutan tertulis Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (LHK RI) menyampaikan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Tahun 2021 mengusung Tema “Ecosystem Restoration”. Tema tersebut sejalan dengan semangat dan langkah-langkah Indonesia dalam arti luas pengelolaan lingkungan dan kehutanan yang meliputi restorasi dan rehabilitasi hutan dan kawasan guna mendukung upaya mengatasi krisis perubahan iklim.

(Baca Juga : Gubernur Kalteng Targetkan 10.000-16.000 Penyuntikan Dosis Per Hari)

Selain itu, memastikan pengelolaan konservasi dan keanekaragaman hayati secara berkelanjutan, sebagai bagian dari upaya dalam pemulihan ekonomi Nasional melalui kegiatan padat karya, penanaman serta rehabilitasi mangrove dan restorasi gambut serta restorasi hutan untuk mengatasi krisis lingkungan elemen udara, air dan tanah/tutupan lahan.

H. Nuryakin melalui Peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia Tahun ini, saatnya untuk dapat dilakukan penyesuaian berpikir dan bertindak, Reimagine – Recreate – restore.


Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Prov. Kalteng Vent Christway dalam laporannya menyampaikan maksud kegiatan ini terlaksananya kerja bersama untuk peningkatan kesadaran terhadap lingkungan hidup yang bersih dan sehat melalui upaya pengelolaan sampah dalam Peringatan Hari Lingkungan Hidup Tahun 2021 guna mewujudkan Indonesia Bersih Sampah Tahun 2025. Adapun tujuannya yaitu untuk membangun, menumbuhkembangkan dan meningkatkan peran serta dan kesadaran segenap masyarakat terhadap pentingnya lingkungan hidup terkhusus dalam hal pengelolaan sampah dan untuk meningkatkan sinergitas dan mewujudkan gerakan kerja bersama para pemangku kepentingan terkait lingkungan hidup terkhusus pengelolaan sampah serta mendorong dan memfasilitasi pola hidup bersih dalam masyarakat.

Rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Tahun 2021 diantaranya pembacaan sambutan Menteri KLHK pada peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia oleh Plt. Sekretaris Daerah Prov. Kalteng sekaligus membuka secara resmi Acara Hari Lingkungan Hidup Tahun 2021, penyerahan bantuan bak sampah kepada Ketua POKDARWIS Kawasan Wisata Kereng Bangkirai, penyerahan bantuan bibit tanaman kepada Lurah Kereng Bangkirai serta penyerahan perlengkapan kerja berupa sarung tangan dan kantong plastik secara simbolis kepada Dinas Lingkungan Hidup Prov. Kalteng, Palangka Raya Clean Action (Komunitas Sampah) dan POKDARWIS.

Peserta kegiatan aksi pungut sampah pada Peringatan Hari Lingkungan Hidup Tahun 2021 di Prov. Kalteng kurang lebih 280 orang dengan tetap menjalankan prokes pencegahan dan pengendalian Covid-19 yang terdiri dari Dinas Lingkungan Hidup Prov. Kalteng, kelompok sadar wisata kereng bangkirai dan lembaga swadaya masyarakat masyarakat lingkungan, komunitas peduli sampah dan masyarakat sekitar kawasan wisata kereng bangkirai, Palangka Raya.(WDY/Foto:Asep)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook