Koordinasi dan Advokasi Lintas Program/Lintas Sektor Terkait Perkembangan Kebijakan Germas di Tingkat Provinsi Tahun 2021

Kontribusi dari Dinkes Prov.Kalteng, 08 Juni 2021 11:21, Dibaca 130 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Berdasarkan Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan, bahwa pembangunan kesehatan diarahkan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujudnya peningkatan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. Pembangunan kesehatan merupakan bagian integral dari pembangunan nasional yang diselenggarakan berdasarkan perikemanusiaan, pemberdayaan dan kemandirian, adil dan merata, serta memberikan perhatian khusus pada penduduk rentan, antara lain ibu, bayi, anak, manusia usia lanjut (manula), dan keluarga miskin. Untuk mewujudkan pembangunan kesehatan, telah dikembangkan Sistem Kesehatan Nasional melalui Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2012, meliputi unsur pelayanan kesehatan, pembiayaan kesehatan, sumber daya manusia kesehatan, obat dan perbekalan kesehatan, pemberdayaan masyarakat, manajemen kesehatan dan penelitian pengembangan.

Kepala Bappedalitbang Yuren S Bahat bersama Kabid Kesmas dr. Fery Iriawan, MPH mewakili Kepala Dinas Kesehatan Prov. Kalteng menghadiri sekaligus memberi arahan dalam Rapat Koordinasi dan Advokasi Lintas Program atau Lintas Sektor Terkait Pengembangan Kebijakan GERMAS Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah yang dilangsungkan di Ruang Rapat Lantai II Bappedalitbang, Senin (7/6/2021). Pembangunan kesehatan dilakukan melalui upaya kesehatan secara komprehensif, yaitu mencakup peningkatan kesehatan (promotif), pencegahan penyakit (preventif), pengobatan (kuratif) dan pemulihan kesehatan (rehabilitatif). Dilihat dari sasarannya upaya kesehatan mencakup upaya perseorangan dan upaya kesehatan masyarakat.

(Baca Juga : Pertemuan Koordinasi Perencanaan Kebutuhan SDM Kesehatan Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2021)


Upaya kesehatan diselenggarakan guna menjamin tersedianya pelayanan kesehatan yang baik, pelayanan kesehatan yang bermutu, merata dan terjangkau oleh masyarakat. Upaya kesehatan dikelompokkan dalam upaya kesehatan perorangan (UKP), dan upaya kesehatan masyarakat (UKM). Pengelompokkan untuk lebih memfokuskan terhadap sasaran pelayanan dan strategi pelayanan yang diberikan.

Secara umum upaya kesehatan perorangan adalah pelayan kesehatan yang diberikan kepada individu yang memerlukan pertolongan kesehatan sehingga pelayanan yang diberikan utamanya kuratif dan rehabilitatif, seperti pelayanan kesehatan Rumah Sakit, Puskesmas, dan praktik swasta lainnya. Sedangkan upaya kesehatan masyarakat adalah pelayanan yang diberikan kepada komunitas, terutama pelayanan kesehatan yang bersifat meningkatkan kesehatan masyarakat (promotif), seperti makan sayur dan buah, tidak mengkonsumsi lemak dan garam berlebih dan agar terhindar dari obesitas/kegemukan, hipertensi, menjaga kesehatan lingkungan sekitar agar terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh lingkungan serta menciptakan lingkungan yang aman, bersih, sejuk dan sehat, sehingga upaya kesehatan lebih mengutamakan pada upaya di hulu yaitu upaya promotif dan preventif.


Untuk menyampaikan pesan kesehatan kepada masyarakat luas dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya melalui kebijakan/regulasi dengan tujuan dapat diimplementasikan oleh masyarakat, serta tetap dapat dilakukan pemantauan dan evaluasi oleh semua kalangan (lintas program/lintas sektor) agar tujuan kebijakan tersebut tercapai sesuai harapan. Dalam hal ini, kebijakan Germas menjadi salah satu regulasi yang berperan penting dalam mendukung tercapainya tujuan kesehatan masyarakat dan lingkungan di daerah. Oleh karena itu, koordinasi dan advokasi Lintas Program/Lintas Sektor dalam Tim Pembina Germas Tingkat Provinsi sangat berperan penting dalam meraih dukungan terkait pengembangan kebijakan Germas dalam mendukung Penyediaan Pangan Sehat dan Peningkatan Kualitas Lingkungan, (Gery/Foto:PPID Dinkes Kalteng).

Dinkes Prov.Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook