Percepat Realisasi Anggaran Keuangan dan Fisik

Kontribusi dari DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS, 08 Juni 2021 09:29, Dibaca 14 kali.


MMCKalteng - Gunung Mas - Tim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (Tepra) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) melalui Bagian Administrasi Pembangunan dan Perekonomian Setda melaksanakan rapat evaluasi realisasi anggaran hingga 31 Mei 2021, yang dibuka oleh Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Gumas Lurand. 

"Hingga akhir Bulan Mei tahun 2021, realisasi anggaran Kabupaten Gumas hanya 13,16 persen dan berada di posisi delapan se-Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng)," ucap Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Lurand, Senin (7/6/2021).

(Baca Juga : Bupati Inspektur Upacara Detik - Detik Proklamasi)

Dia mengatakan, pada Bulan April lalu, Kabupaten Gumas berada di urutan kedua dalam realisasi anggaran. Namun terjadi penurunan cukup drastis pada Bulan Mei. Tentu hal ini harus menjadi perhatian bersama.

"Kita turun terlalu jauh dibandingkan daerah lain. Ini berarti ada hal yang perlu dibenahi," tuturnya.


Dia juga mengingatkan kepada seluruh pimpinan perangkat daerah untuk melakukan percepatan strategis dalam proses pengadaan barang dan jasa, sehingga realisasi keuangan dapat dipercepat.

"Jadi jangan hanya menunggu saja. Tetapi kita yang harus proaktif, sehingga dapat tercapai realisasi yang diharapkan," tegasnya.

Sejauh ini, untuk total belanja tertinggi dicapai Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, yakni realisasi keuangan 33,17 persen dan fisik 35,22 persen. Sedangkan yang terendah realisasi keuangan yaitu Kecamatan Mihing Raya sebesar 13,2 persen dan fisik 15,78 persen.

"Saya berharap perangkat daerah dan kecamatan se-Kabupaten Gumas yang realisasi keuangan dan fisik masih rendah, harus bisa melakukan percepatan realisasinya," pungkasnya. (Iswanto / Foto: Iswanto)

DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook