Restorasi Dan Pemanfaatan Lahan Gambut Harus Didukung Semua Pihak

Kontribusi dari Kominfo Pulang Pisau, 06 November 2018 23:37, Dibaca 7 kali.


MMCKalteng - Bupati Kabupaten Pulang Pisau, Edy Pratowo menilai restorasi dan pemanfaatan lahan gambut tidak bisa hanya dilakukan oleh pemerintah daerah namun perlu dukungan dari semua lapisan baik dari peran serta pihak ketiga, perusahaan ataupun organisasi kemasyarakatan yang mendukung restorasi tersebut.

Hal tersebut disampaikan Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo pada acara penghijauan dan tanam pohon dalam rangka memperingati hari listrik Nasional ke-73 sekaligus Hari Ulang Tahun (HUT) Pembangkitan Jawa Bali (PJB) yang ke-23 yang diselenggarakan oleh PT. PJB Pulang Pisau bertempat di Repeat (kawasan hutan rawa gambut) di Desa Tumbang Nusa, Kecamatan Jabiren Raya, Kabupaten Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah, Selasa (6/11)

(Baca Juga : Surat Edaran Bupati Murung Raya Tentang Antisipasi Penyebaran Covid-19)

Lanjutnya, yang paling penting adalah keterpaduan, jika hanya menunggu Pemerintah Daerah yang melakukan restorasi lahan gambut pasti akan lambat dan hasilnya tidak maksimal, sehingga perlu peran serta dan dukungan dari perusahaan maupun organisasi kemasyarakatan, kata Edy.

“Jika dikelola dan dilakukan penataan dengan baik, hasil restorasi lahan gambut akan bisa mendatangkan manfaat, baik dari segi ekonomi maupun potensi wisata alam atau yang lebih dikenal dengan ekowisata,” ucapnya.

Pemerintah daerah mempunyai peran sebagai pendorong pengelolaan, sarana kunjungan dan wisata yang menarik bagi masyarakat di Kabupaten Pulang Pisau ataupun sekitarnya, pasalnya tren kunjungan sekarang sudah back to nature Bukan lagi ke mall-mall tapi lebih ke alam, ungkapnya.

Untuk saat ini di Kabupaten Pulang Pisau memang diperlukan pengaturan dan konsep yang baik, mulai dari pengelolaan sampai ke penanggulangan kebakaran pada lahan restorasi, seperti yang beberapa bulan dialami.

Harapannya Pulang Pisau bisa jauh lebih hebat dari pengelolaan di luar negeri, tinggal keterpaduan semua elemen untuk mendukung restorasi gambut ini agar bagaimana cara mengelola dan upaya mencegah  kebakaran  hutan dan lahan tidak terjadi lagi, tutur Edy. (MC. Pulang Pisau/Amel/Ayu/Rj)

Kominfo Pulang Pisau

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook