Upaya Pencapaian Target Jadi Prioritas Pembangunan Nasional

Kontribusi dari DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS, 31 Mei 2021 13:53, Dibaca 1,790 kali.


MMCKalteng - Gunung Mas  – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) menggelar kegiatan Focus Group Discussion Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Sustainable Development Goals (SDGs).

Sustainable Development Goals (SDGs) merupakan komitmen global dan nasional yang disepakati oleh PBB sebagai bentuk penyempurnaan dari Millenium Development Goals (MDGs) yang akan berakhir pada Tahun 2030 dengan mendorong perubahan-perubahan yang bergeser ke arah pembangunan berkelanjutan yang berdasarkan hak asasi manusia dan kesetaraan untuk mendorong pembangunan sosial, ekonomi dan lingkungan hidup,” ujar  Kepala Bappedalitbang Kabupaten Gumas Yantrio Aulia di Aula Bappedalitbang, Senin (31/4/2021).

(Baca Juga : Biaya Pengembangan Komoditas Bawang Merah Mahal)

SDGs diberlakukan dengan prinsip-prinsip universal, integrasi dan inklusif untuk meyakinkan bahwa tidak ada seorangpun yang terlewatkan atau “ No One Left Behind “ dengan 17 Tujuan, 169 Target dan 221 indikator dalam rangka  melanjutkan upaya dan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.


“Sebagai pelaksanaan amanat Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, maka Pemerintah Daerah perlu untuk mengintegrasikan indikator Sustainable Development Goals/Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs/TPB) ke dalam dokumen Perencanaan Pembangunan Daerah yang merupakan Dokumen dengan muatan tujuan dan sasaran global,” tutur Yantrio.

Dia menjelaskan, Upaya pencapaian target menjadi prioritas pembangunan nasional yang memerlukan sinergi kebijakan perencanaan di tingkat Provinsi dan Pemerintah Daerah Kabupaten/kota sehingga ke depannya dapat menerapkan pembangunan dengan menjaga keberlangsungan kehidupan masa mendatang. 

"Diskusi ini saya nilai sangat penting, dan bisa dilakukan secara terbuka dan berdasarkan fakta sebenarnya menyangkut perencanaan pembangunan yang sudah kita terapkan dalam RPJMD Kabupaten Gunung Mas Tahun 2019-2024. Pembangunan Berkelanjutan merupakan salah satu Misi dari 8 (Delapan) Misi Bupati dan Wakil Bupati Periode 2019-2024 untuk mewujudkan Kabupaten Gunung Mas yang Bermartabat, Maju, Berdaya Saing, Sejahtera, dan Mandiri,” pungkasnya. (Iswanto / Foto: Iswanto) 

DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook