Banjir Kiriman Terjadi di Daerah Kelurahan Bukit Tunggal dan Kelurahan Palangka Kota Palangka Raya

Kontribusi dari BPBPK PROV KALTENG, 28 Mei 2021 12:54, Dibaca 239 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Banjir yang terjadi di Kota Palangka Raya merendami perumahan penduduk daerah daratan rendah. Banjir yang terjadi ini di Jalan Mendawai I, Jalan Anoi, Jalan Arut dan di Jalan menuju Desa Petuk Katimpun Kota Palangka Raya.

Plt. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Erlin Hardi menyampaikan, ”Banjir yang terjadi di daerah Kota Palangka Raya ini merupakan banjir musiman dan juga merupakan daerah langganan terjadinya banjir. Banjir di daerah tersebut dapat terjadi setiap terjadinya hujan dengan intensitas tinggi yang mengakibatkan terjadinya luapan air sungai Kahayan,“ ucapnya, Jumat (28/5/2021). 

(Baca Juga : Covid-19 Masih Mengancam, Relawan Gigih Lakukan Penyemprotan Disinfektan)

“Berdasarkan pantauan pada saat ini, banjir yang terjadi di Kota Palangka Raya dengan ketinggian debit air 30cm terjadi di daerah Jalan Mendawai dan Jalan Anoi. Untuk sementara ini di Jalan Arut dan di Desa Petuk Katimpun pihak terkait dalam hal ini Badan Penanggulangan Bencana Kota Palangka Raya sudah bergerak membantu warga serta melakukan pendataan warga yang terdampak banjir, bersama dengan pihak Kelurahan, RT dan RW setempat,” sambungnya. 

“Kondisi debit air ini diperkirakan akan terus mengalami kenaikan jika hujan masih terjadi. Selain itu banjir ini disebabkan kiriman air dari daerah Hulu Sungai Kahayan yang mana daerah hulu sudah mulai surut sementara daerah rendah Kota Palangka Raya ini akan alami banjir yang sifatnya kiriman,“ tuturnya.

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk tetap berhati-hati dan mewaspadai banjir terlebih naiknya debit air akibat air pasang dan dapat menaikkan barang-barang ke tempat yang lebih tinggi,“ tutupnya. (Hlm.28/5/2021 / DewiS / foto / Data: PusdalopsPBKalteng)

BPBPK PROV KALTENG

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook