Tahap Lanjutan Bantuan Gubernur Kalimantan Tengah kepada Masyarakat Terdampak Banjir di Provinsi Kalimantan Selatan

Kontribusi dari BPBPK PROV KALTENG, 16 Januari 2021 15:55, Dibaca 708 kali.


MMCKalteng - Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran memberikan dukungan sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat yang terdampak banjir di Provinsi Kalimantan Selatan. Bantuan tersebut berupa paket logistik sebanyak 2.300 paket dan juga dukungan berupa dana kedaruratan.

“Semoga bantuan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dapat mengurangi beban dan menjadi kelegaan bagi masyarakat yang terdampak bencana banjir di Provinsi Kalimantan Selatan,” ucap Gubernur, Sabtu (16/1/2021). 

(Baca Juga : Dislutkan Prov. Kalteng Ikuti Rakortek Tahun 2021)

“Saya minta juga kepada Bupati/Walikota dan pemangku kepentingan lainnya yang ada di wilayah Kalimantan Tengah, agar dapat berperan serta memberikan bantuan dan dukungannya kepada masyarakat yang terdampak banjir di Provinsi Kalimantan Selatan,” sambungnya.

Bantuan dana kedaruratan tersebut akan segera diserahkan secara langsung ke Gubernur Kalimantan Selatan. Selain dukungan berupa paket logistik dan bantuan dana kedaruratan, Gubernur Kalimantan Tengah juga memberikan dukungan berupa tim relawan yang akan membantu mengevakuasi masyarakat yang terdampak banjir. Relawan tersebut terdiri dari Relawan Muda Sugianto Sabran, TRC Pusdalops BPBPK Prov Kalteng, Relawan NU, Relawan PMI, Relawan TSAK Bukit Tunggal, Relawan MPA Sabaru, Relawan Balakar 620, Relawan Balakar 654, TNI dan Polri.


Pada kesempatan yang sama, Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan rapat intern di Ruang Rapat Pusdalops. Plt. Kepala pelaksana Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran Provinsi Kalimantan Tengah H. Darliansjah menyampaikan, “Paket logistik tersebut akan disalurkan sebanyak 2.300 paket yang akan diangkut menggunakan jalur darat pada tanggal 17 Januari 2021 dan rencananya paket bantuan dari Gubernur Kalimantan Tengah akan diserahterimakan kepada pihak Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dalam hal ini leading sektornya BPBD dan instansi terkait,“ ucapnya kepada Tim Informasi dan Publikasi.

“Pada hari ini Sabtu 16 Januari 2021, Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran juga telah memberikan bantuan berupa logistik dan dapur umum ke pihak Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dengan menugaskan Jajaran Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Tengah dan Tim dari Tagana. Tim relawan yang bergerak di sana nanti ditempatkan di dua titik posko, yang pertama posko di daerah Banjar Baru dan yang kedua posko di daerah Martapura. Tim relawan dari Provinsi Kalimantan Tengah dalam hal ini BPBPK juga akan mendirikan dapur umum di tempat posko pengungsian dengan membawa peralatan dan keperluan selama berada di sana, seperti mobil portable air bersih, dapur umum, tenda, palbed, lampu lapangan (genset) dan mobil operasional yang ditempatkan di dua titik posko tersebut,” sambung H.Darliansjah.

“Kepada tim dan juga relawan yang akan ditempatkan di sana nantinya tetap menerapkan protokol kesehatan, karena ini masih masa pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), untuk tetap taat dan patuh menerapkan protokol kesehatan," tutur H.Darliansjah. (Pky.16/1/2021 DewiS /foto/ Data:PusdalopsPBKalteng)

BPBPK PROV KALTENG

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook