BPSDM Prov. Kalteng Gelar Pelatihan K3, Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran

Kontribusi dari BPSDM Kalteng, 18 Mei 2021 08:00, Dibaca 12 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) mengadakan Pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) bagi Pegawai Negeri Sipil dan Tenaga Kontrak BPSDM Prov. Kalteng, Selasa (18/5/2021). Kegiatan Pelatihan ini dilaksanakan di Halaman Parkir Kompleks Gedung BPSDM Prov. Kalteng.

Dalam kegiatan itu, nampak Kepala BPSDM Prov. Kalteng dengan sigap memadamkan api yang berkobar menyala. Beberapa petugas dan Tenaga Kontrak di instansi itu pun turut mengambil posisi siaga dalam memadamkan api.

(Baca Juga : Dishub Kalteng Laksanakan Kegiatan Inspeksi Angkutan Hasil Produksi Pertambangan dan Perkebunan di Kabupaten Lamandau)

Sekretaris BPSDM Prov. Kalteng, Norliani, S.KM.,M.Kes menyampaikan dalam laporannya bahwa kegiatan ini merupakan langkah awal jalinan kerja sama antara BPSDM Prov. Kalteng dengan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palangka Raya. Kegiatan ini selain untuk menjalin silaturahmi, juga untuk memberikan pemahaman mengenai penyebab terjadinya kebakaran, memberikan pengetahuan dasar tentang upaya pencegahan kebakaran dan memberikan pelatihan dalam mengoperasikan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan lain-lain.


Menurut Kepala BPSDM Prov. Kalteng, Sri Widanarni, S.IP., M.Si, kegiatan pelatihan ini diadakan untuk mendukung dan menjamin kelancaran pelaksanaan kegiatan Pengembangan Kompetensi di BPSDM Prov. Kalteng. Selain itu, mengingat banyaknya gedung dan fasilitas sarana prasarana yang ada di area kompleks BPSDM Prov. Kalteng, pelatihan ini juga diharapkan bisa menambah wawasan dan pengetahuan bagi ASN BPSDM Prov. Kalteng tentang bagaimana cara menangani dan antisipasi pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran, yang mencakup tentang teknik-teknik pencegahan dan penanggulangan kebakaran di tempat/lingkungan kerja, pengenalan jenis api, peralatan pemadam kebakaran, sampai dengan cara penggunaan peralatan pemadaman api, baik yang tradisional maupun modern serta mengaplikasikan teknik penanggulangan dan pemadaman kebakaran menggunakan peralatan pemadaman api tersebut.

Kesadaran akan pentingnya pencegahan kebakaran dan penanggulangan dini terhadap bahaya kebakaran pada umumnya masih dirasa sangat kurang, khususnya bagi masyarakat umum sehingga masih sering kali terjadi kejadian kebakaran yang selalu mengakibatkan banyak kerugian. Untuk mencegah kejadian kebakaran dan mengurangi dampak yang ditimbulkannya, diperlukan tingkat pengetahuan tentang api yang memadai.


Pada kesempatan itu, Kepala Bidang Pencegahan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palangka Raya, Adrianson, S.T. menyampaikan materi dan pengenalan alat-alat pemadam kebakaran. Ia menjelaskan mengenai hal-hal apa saja yang dapat menyebabkan kebakaran dan mengajarkan bagaimana cara menangani kebakaran dengan benar dan tepat serta cara penggunaan alat yang akan digunakan dalam memadamkan api.

Adrianson juga memberikan penjelasan dan pengenalan alat – alat yang digunakan saat terjadinya kebakaran serta bagaimana sikap yang harus dilakukan saat terjadinya kebakaran. Selain itu, dijelaskan pula materi tentang peralatan pemadaman api baik yang tradisional maupun modern dalam hal ini yaitu APAR dan cara penggunaannya. Kegiatan diakhiri dengan praktik pemadaman api baik secara tradisional menggunakan karung goni maupun secara modern menggunakan APAR.

Pelatihan ini sangat penting bagi seluruh pegawai BPSDM Prov. Kalteng. Banyak faktor yang bisa mempercepat terjadinya bahaya api atau kebakaran bahkan ledakan, faktor-faktor tersebut kadang-kadang kurang diperhatikan oleh kebanyakan orang padahal upaya pencegahan kebakaran lebih mudah dan lebih murah dibandingkan upaya penanggulangannya. (Rendy BPSDM / Dewit BPSDM).

BPSDM Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook