Menteri PPPA RI Apresiasi Peringatan Hari Kartini di Kalteng

Kontribusi dari Widia Natalia, 29 April 2021 10:32, Dibaca 151 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Fahrizal Fitri mewakili Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran menghadiri sekaligus memberikan sambutan pada Webinar dalam rangka Peringatan Hari Kartini ke-142 Tingkat Prov. Kalteng. Kegiatan ini digelar terpusat di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng, Kamis (29/4/2021).

Webinar kali ini mengusung Tema “Peran Perempuan Kalimantan Tengah Dalam Pembangunan”. Acara ini digagas oleh Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Prov. Kalteng.

(Baca Juga : Puluhan Media Cetak, Elektronik dan Online Ikuti Diskusi Rencana Pemindahan Ibukota)

Pada webinar Peringatan Hari Kartini ke-142 Tingkat Prov. Kalteng, secara khusus Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia (RI) I Gusti Ayu Bintang Darmawati memberikan sambutan yang disampaikannnya secara rekaman video. Sementara itu, hadir langsung ditempat acara yakni Deputi Bidang Partisipasi Masyarakat, Kementerian PPPA RI Vennetia R. Danes dan Ketua TP-PKK Prov. Kalteng Ivo Sugianto Sabran selaku Keynote speech. Hadir juga Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Kalteng Brigjen Pol Ida Oetari Purnamasasi selaku narasumber.


Menteri  PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati mengawali sambutannya memberikan apresiasi kepada Pemprov. Kalteng yang terus memberikan upaya dan sumbangsih terbaiknya untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia terutama perempuan melalui berbagai program dan kebijakan yang berkualitas.

“Saya mengucapkan selamat Hari Kartini kepada para pejuang Pengarustamaan Gender baik laki-laki maupun perempuan. Marilah kita teruskan perjuangan dan semangat Ibu Kartini yang telah memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi perempuan untuk menetukan masa depannya sendiri”, tandas I Gusti Ayu Bintang Darmawati.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Prov. Kalteng Fahrizal Fitri saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran menyampaikan sebagai bangsa yang besar, di setiap tanggal 21 April selalu memperingati Hari Kartini, sekaligus  menjadikannya sebagai momentum yang diingat untuk mengedepankan dan menjamin keberlangsungan upaya kesetaraan gender dalam semua aspek kehidupan bangsa. Fahrizal Fitri mengatakan perjalanan panjang bangsa tidak terlepas dari peran perempuan dalam pembangunan.

“Perempuan-perempuan Kalteng, disaat diberi kesempatan yang sama dalam berbagai hal, mereka mampu membuktikan, bahwa perempuan Kalteng juga bisa berperan secara siginifikan dalam pembangunan”, ucap Fahrizal Fitri.

Fahrizal Fitri mengutarakan, hal tersebut ditunjukan yakni, pertama,  dalam pelaksanaan Proyek Nasional Food Estate di Prov. Kalteng, melibatkan tidak sedikit perempuan dalam pembangunannya. Kedua, Badan Pusat Statistik di tahun 2020 lalu juga telah merilis hasil Indeks Pemberdayaan Gender tahun 2019 secara nasional, dan menempatkan Prov. Kalteng sebagai Provinsi dengan IDG terbaik di Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, Fahrizal Fitri mengajak bersama-sama, laki-laki dan perempuan di Kalteng untuk menggerakkan Pembangunan di Prov. Kalteng, agar terwujud Kalteng yang semakin Berkah.

“Banggalah menjadi perempuan yang tangguh dan berprestasi”, pungkas Fahrizal Fitri.

Nampak hadir di Aula Jayang Tingang diantaranya Asisten Administrasi Umum Setda Prov. Kalteng Lies Fahimah, Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng terkait, Ketua Bhayangkari Polda Kalteng, Ketua Dharma Pertiwi 102 Panju Panjung, Ketua Adhyaksa Dharma Karini Kalteng, Ketua Dharma Yukti Karini Pengadilan Tinggi, Ketua Dharma Yukti Karini Pengadilan Tinggi Agama dan Ketua DWP Prov. Kalteng.(WDY/Foto:Asep)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook