Implementasi Kabupaten Bebas Pungli, Satgas Saber Pungli Kalteng Laksanakan Supervisi di Kabupaten Kobar

Kontribusi dari Diskominfo Kobar, 27 April 2021 15:29, Dibaca 54 kali.


MMCKalteng - Kotawaringin Barat - Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) melaksanakan supervisi ke Satgas Saber Pungli Kobar dalam rangka implementasi Kabupaten Kotawaringin Barat Bebas dari Pungli pada Selasa (27/4/2021). Selain itu Tim Satgas Saber Pungli Provinsi Kalteng juga melaksanakan Sosialisasi Aplikasi Saber Pungli Kalteng di Aula Inspektorat Daerah Kobar.

Ketua Tim Supervisi Satgas Saber Pungli Kalteng, Kompol Bambang Suharto menyampaikan aplikasi Saber Pungli untuk memudahkan masyarakat Kalteng juga Kobar untuk melaporkan jika terjadi pungli di sekitarnya. “Menindaklanjuti perintah dari Bapak Presiden Jokowi, Satgas Pungli Provinsi Kalteng sudah meluncurkan aplikasi Saber Pungli UPP Kalteng secara online, yang mana aplikasi ini sebagai wadah masyarakat untuk melaporkan praktik-praktik Pungli secara Online,” ujar Kompol Bambang Suharto.

(Baca Juga : Silaturahmi Pemerintah Kabupaten Barito Utara dengan PWI Kabupaten Barito Utara)

Ia juga menekankan bahwa Pungutan Liar ini mendapat perhatian khusus dari Presiden Joko Widodo, sehingga Presiden membentuk Satgas Pungli yang tertuang di dalam Perpres Nomor 87 Tahun 2016, tentang pembentukan Satgas Pungli, termasuk di Provinsi Kalteng.

“Praktik Pungli dapat terjadi dimana saja, sehingga apabila tidak ditangani secara khusus maka hal tersebut sangat meresahkan masyarakat,” tambahnya.

Ketua Satgas Saber Pungli Kobar, Kompol Boni Ariefianto menyambut baik supervisi yang dilakukan oleh Satgas Saber Pungli Provinsi Kalteng. “Selamat datang kepada Tim Saber Pungli UPP Prov Kalteng di Kabupaten Kobar yang ditunjuk sebagai kota percontohan kota bebas Pungli. Kami sudah siap sekitar 85% untuk pemenuhan indikator-indikator kota bebas pungli dari Kementerian Polhukam. Mudah-mudahan akhir bulan ini sudah siap 100%,” ungkap Kompol Boni Ariefianto yang juga menjabat sebagai Waka Polres Kobar ini.

“Hal ini tidak lepas dari kerja sama tim yang tergabung dalam Satgas Saber Pungli Kobar. Bahkan beberapa hari yang lalu, bertempat di Istana Kuning Pangkalan Bun juga sudah dilaksanakan Launcing Inovasi Pembentukan Masyarakat Sadar Bebas Pungli dan Duta Saber Pungli Kabupaten Kobar yang langsung dihadiri oleh Ketua Saber Pungli UPP Provinsi Kalteng Kombes Pol Imam Prijantoro,” katanya.

Kegiatan sosialisasi diisi dengan tata cara pengisian aplikasi dan juga sesi tanya jawab. Peserta yang berasal dari unsur Kepolisian, Kejaksaaan, ASN, Mahasiswa, dan Tokoh masyarakat nampak antusias mengajukan pertanyaan terkait pungli. Setelah kegiatan sosialisasi Tim Satgas Saber Pungli Kalteng melakukan supervisi dengan mendatangi posko Saber Pungli Kobar yang ada di Inspektorat Daerah dan Polres Kobar. (itkab kobar)

Diskominfo Kobar

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook