Kejadian Karhutla di Jalan Sisingamangaraja Palangka Raya

Kontribusi dari BPBPK PROV KALTENG, 25 April 2021 12:57, Dibaca 119 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Terjadinya kebakaran lahan di Jalan Sisingamangaraja ujung tembus Jalan RTA Milono, Kelurahan Menteng, Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya pada Minggu (25/4/2021) berasal dari pembakaran sampah masyarakat.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Prov. Kalteng, Kibue mengatakan, “Informasi terjadinya kebakaran lahan tersebut dari laporan masyarakat yang menginformasikan bahwa ada lahan yang sedang terbakar," ucapnya.

(Baca Juga : Hasil Penilaian Resiko Kenaikan Kasus Covid-19 Kabupaten/Kota di Kalimantan Tengah)

“Kami mengimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran sampah terlebih kondisi pada saat ini kita sudah memasuki musim kemarau. Kami sampaikan juga agar selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi-potensi yang dapat menimbulkan kebakaran lahan sekitar,” sambungnya.


Dalam kesempatan yang sama, Kepala Seksi Pencegahan, Noor Aswad menambahkan, “Tim Reaksi Cepat Pusdalop BPBPK Prov Kalteng diturunkan bersama dengan tim gabungan dari TNI, Polri, Satpol PP, Dishut, ERP, BPK dan dibantu masyarakat sekitar melakukan pemadaman dan pembasahan sampai api benar-benar padam," jelasnya.

“Lahan yang terbakar diperkirakan berukuran 30 x 50m². Api diperkirakan berasal dari tumpukan sampah yang sebelumnya sudah dilakukan pembakaran dan menjalar ke area lahan di sekitarnya,“ tutupnya. (Pky.25/4/2021/ DewiS & MAW &Abl/foto/Data: PusdalopsPBKalteng)

BPBPK PROV KALTENG

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook