Upaya Pengamanan Dokumen Elektronik, Pemprov. Kalteng Terima Aplikasi SELECTION VERSI 3.0 dari BSSN

Kontribusi dari Rikah Mustika, 02 Juni 2021 19:03, Dibaca 36 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Dalam rangka upaya mendukung keamanan SPBE berdasarkan pasal 40 ayat (1) dan (2) Perpres Nomor 95 Tahun 2018 serta program pemanfaatan teknologi keamanan informasi, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) berupaya mengembangkan aplikasi pengamanan dokumen elektronik yang dapat berbagi pakai antar instansi pemerintah. Wujud dari upaya tersebut berupa pengembangan produk karya mandiri BSSN yaitu Aplikasi SELECTION Versi 3.0 (Secure File Encryption) yang berfungsi untuk enkripsi/dekripsi file, berbasis windows, dan memiliki fitur autentikasi lisensi mandiri serta penerapan aspek kriptografis pada fitur keamanannya.

Pada hari ini Rabu (2/6/2021), Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menerima Aplikasi dan Dongle BSSN tersebut yang akan digunakan pada Kantor Gubernur Kalimantan Tengah dan Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng), yang dilanjutkan dengan bimbingan teknis untuk operatornya pada esok hari Kamis (3/6/2021). Penyerahan Aplikasi dan Dongle secara simbolis dilakukan oleh Sandiman Madya Direktorat Proteksi Pemerintah BSSN Nurchaerani dan diterima oleh Plt Sekretaris Diskominfosantik Prov. Kalteng Rommy Valentino Koetin di Gedung Smart Province (GSP) Kantor Diskominfosantik Prov. Kalteng.

(Baca Juga : Waspada Pembersihan Lahan di Akhir Pekan)

Perlu diketahui, pada tahun 2020, BSSN telah menerapkan Aplikasi SELECTION Versi 3.0 di 25 instansi Pemerintah Pusat dan jaringan internal BSSN yang memiliki prinsip keterhubungan komunikasi terintegrasi dalam penggunaannya serta ramah pengguna (user friendly). Dan pada tahun 2021 ini, BSSN ingin mengembangkan penerapan Aplikasi SELECTION Versi 3.0 di Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah sebanyak 39 lokasi.

Selain itu, pada Selasa (9/3/2021) yang lalu, telah dilaksanakan Webinar Sosialiasi SELECTION Kemendagri-Pemda yang dihadiri lebih dari 80 perserta dari BSSN, Kemendagri, Diskominfo Provinsi, Kota dan Kabupaten. Tindak lanjut dari webinar tersebut, diharapkan para peserta agar melanjutkan sosialisasi dan mendiseminasikan informasi pembahasan webinar kepada unit kerja/OPD lainnya. (Rkh / Foto: Bidang Persandian Diskominfosantik Prov. Kalteng)

Rikah Mustika

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook