Kegiatan Bimtek KHA dan SRA Bagi Pendidik dan Tenaga Pendidikan Prov. Kalteng

Kontribusi dari DP3APPKB PROV.KALTENG, 30 Maret 2021 08:00, Dibaca 52 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Dinas P3APPKB Prov.Kalteng menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Sekolah Ramah Anak bagi pendidik dan tenaga pendidikan bekerja sama dengan Kementerian PPPA dan Fasilitator Nasional SRA di Aula Gedung 2 secara virtual menggunakan Zoom Meeting. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari yaitu tanggal 29-30 Maret 2021 dengan jumlah peserta sebanyak 500 orang tenaga pendidik.


Acara Bimtek ini dibuka oleh Kepala Dinas P3APPKB Prov. Kalteng yang diwakili oleh Kepala Bidang Perlindungan dan Pemenuhan Hak Anak, Mulyo Suharto, SH. “Hak-hak anak menurut Konvensi Hak Anak tahun 1989 dan telah dirativikasi oleh Pemerintah RI melalui Perpres No. 36 tahun 1990 adalah hak kelangsungan hidup, memperoleh standar kesehatan tertinggi dan perawatan sebaik-baiknya, hak perlindungan dan tumbuh kembang yaitu hak memperoleh pendidikan dan hak mencapai standar hidup yang layak bagi perkembangan fisik, mental spiritual moral dan sosial," ucapnya.

(Baca Juga : Tim Satgas Pangan Provinsi Kalimantan Tengah Tinjau Ketersediaan Pangan Menyambut HBKN Tahun 2021)

Dalam upaya memberi pemahaman kepada para tenaga pendidik dan mewujudkan Program Kabupaten Kota Layak Anak, dimana sekolah adalah sarana pendidikan untuk mengimplementasikan hak-hak anak dengan menciptakan Sekolah Ramah Anak (SRA) yaitu sekolah yang aman, bersih, sehat, berbudaya lingkungan hidup, menjamin dan memenuhi hak-hak anak. Sementara, konsep SRA itu sendiri merupakan upaya mewujudkan pemenuhan dan perlindungan anak selama 8 jam anak berada di sekolah, melalui upaya sekolah untuk menjadikan sekolah yang bersih, aman, ramah, indah, inklusif, sehat, asri dan nyaman.


"Tujuan SRA adalah untuk mencegah kekerasan terhadap anak dan warga sekolah lainnya, mencegah anak mendapat kesakitan karena keracunan makanan dan lingkungan yang tidak sehat, mencegah anak menjadi perokok dan mengkonsumsi Napza, memudahkan mencapai tujuan pendidikan, dan anak terbiasa dengan kebiasaan-kebiasaan positif lainnya," jelas Mulyo.

Kepala Dinas P3APPKB menekankan dalam mewujudkan SRA, perlu adanya komitmen bersama peran Pemerintah, orang tua, Lembaga Masyarakat, Tokoh Agama, Dunia Usaha juga Alumni. (Marcela / Foto : Marcela)

DP3APPKB PROV.KALTENG

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook