Pentingnya Dukungan dan Komitmen Seluruh Elemen Dalam Penanganan Covid-19

Kontribusi dari BPBPK PROV KALTENG, 28 Maret 2021 13:32, Dibaca 9 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Kepatuhan menjalankan Protokol Kesehatan (Prokes) sangatlah penting di saat pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), agar kita dan keluarga dapat terhindar dari paparan Covid-19. Sangat diharapkan peran serta semua pihak untuk turut serta mengingatkan kepada masyarakat, menyampaikan pesan-pesan edukasi protokol pencegahan penularan Covid-19, peran serta medis yg selama ini turut serta menyampaikan informasi publikasi diharapkan juga diikuti semua media, baik media cetak, elektronik, online, media sosial dan lain-lain.

Koordinator Bidang Penegakan Hukum dan Pendisiplinan Bidang Kesehatan Erlin Hardi, ST mengatakan, secara teknis pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro dalam Pelaksanaan Posko Penanganan Covid-19 Tingkat Desa dan Kelurahan di Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah adalah adanya kesadaran masyarakat yang baru bepergian dari zona merah untuk secara disiplin langsung melakukan karantina mandiri dan taat menerapkan Prokes.

(Baca Juga : BNN Laksanakan Tes Urin Narkoba bagi Awak Bus di Terminal Tipe B Natai Suka Pangkalan Bun)

“Dukungan dan komitmen seluruh elemen masyarakat sangat diharapkan dalam penanganan Covid-19 secara khusus di Kota Palangka Raya. Pertama, posko pengawasan sampai tingkat desa atau kelurahan oleh aparat desa terutama pada kasus yang isolasi mandiri. Kedua, intervensi kepada masyarakat dengan membatasi semua aktivitas dan menjalankan kepatuhan prokes. Ketiga, pemerintah melaksanakan 3T dengan cara penyiapan tenaga tracing oleh Puskesmas dan Dinas Kesehatan serta aparat yang dilatih untuk tracing. Metode Tracing yang digunakan semua kontak dari kasus konfirmasi ditemukan kemudian ditesting, pemisahan metode isolasi dilakukan dengan menentukan grade atau level. Level 1 isolasi mandiri, level 2 dan 3 masuk ke rumah sakit dan yang terakhir, indikator pengamatan adalah rate kematian, jika masih tinggi berarti ada kasus yang belum ditemukan,” ucapnya, Minggu (28/3/2021).

“Tim Satgas Penanganan Covid-19 Prov. Kalteng melakukan upaya pencegahan dengan melakukan penyemprotan disinfektan di wilayah Kota Palangka Raya. Selain itu, Tim Satgas juga dengan ketat menerapkan prokes agar tidak terpapar Covid-19 dari tempat atau rumah masyarakat yang positif Covid-19," tutupnya (Pky.28/3/2021 / Dewis & MAW & Abl / foto / Data: PusdalopsPBKalteng)

BPBPK PROV KALTENG

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook