Pemulihan Pasca Banjir Kecamatan Tumbang Manjul dan Kecamatan Suling Tambun Kabupaten Seruyan

Kontribusi dari BPBPK PROV KALTENG, 24 September 2020 20:43, Dibaca 151 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Kegiatan rehabilitasi pasca bencana banjir selain dilakukan dalam bentuk perbaikan lingkungan, pemulihan sosial, ekonomi, budaya, pemulihan pelayanan publik, anak-anak kembali ke sekolah, dan lain-lain, yang bertujuan agar masyarakat segera dapat kembali beraktivitas secara normal dalam kehidupan sehari-hari. Selanjutnya, kegiatan rekonstruksi dilakukan melalui revitalisasi kembali infrastruktur yang terdampak melalui partisipasi dan peran serta lembaga dan organisasi kemasyarakatan, dunia usaha, dan masyarakat, dengan tujuan peningkatan kondisi sosial, ekonomi, dan budaya pasca bencana banjir. Hal utama yang harus dihindari adalah terjadinya kekosongan dalam layanan publik dan tanggung jawab dalam memberikan perlindungan serta pelayanan untuk masyarakat di berbagai bidang.

Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran telah menyalurkan Bantuan Sosial (Bansos) dalam upaya pemulihan pasca banjir yang melanda di beberapa Desa dan Kecamatan di Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah. Banjir yang terjadi di Kalimantan Tengah melanda daerah hulu desa dan kecamatan di Kabupaten Lamandau, Kabupaten Seruyan, Kabupaten Katingan, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Kapuas dan Kabupaten Gunung Mas.

(Baca Juga : Pembersihan Lahan Dengan Cara Dibakar)

Paket Bansos tersebut disalurkan melalui jalur darat, jalur sungai dan melalui jalur udara sejak tanggal 17 September 2020. Pada hari ini Kamis (24/9/2020) merupakan pendistribusian terakhir dilakukannya penyaluran Bansos ke Kecamatan Seruyan Hulu Kabupaten Seruyan. Bansos yang disalurkan hari ini berupa beras sebanyak 4220 sak menggunakan dua unit Helikopter dukungan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).


Sekretaris Kecamatan Seruyan Hulu Budimas mengatakan, ”Dalam masa pemulihan pasca banjir yang telah melanda Kecamatan Seruyan Hulu, mengharapkan dukungan bantuan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah berupa Paket Tambahan Makanan untuk Bayi, Ibu Hamil berupa susu dan obat-obatan, Paket Sandang berupa Selimut, Kasur dan Pakaian,” ucapnya kepada Tim Publikasi dan Informasi

“Selain paket tersebut yang kami butuhkan segera adalah berupa perbaikan khususnya di Kecamatan Suling Tambun dan Kecamatan Seruyan Hulu Kabupaten Seruyan dapat diprioritaskan pada infrastruktur jalan dan jembatan sebagai sarana vital aktivitas masyarakat dari desa ke desa antar kecamatan,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Serda Rahmadani Babinsa Koramil Desa Tumbang Manjul menambahkan, ”Dalam masa pemulihan pasca banjir, relawan pemuda desa kami gerakkan, kami bersama-sama bergotong royong untuk melakukan upaya perbaikan jalan dan jembatan agar bisa dilalui dan perekonomian bisa berjalan normal, meskipun berupa jalan dan jembatan tidak permanen,” ucapnya. (Pky.24/9/2020 DewiS Foto/Data:PusdalopsPBKalteng)

BPBPK PROV KALTENG

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook