Tekan dan Minimalisir Penyebaran Covid-19, Pemerintah Targetkan Vaksinasi

Kontribusi dari BPBPK PROV KALTENG, 18 Maret 2021 15:27, Dibaca 327 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Penyemprotan disinfektan adalah salah satu upaya pencegahan terjadinya penularan di tengah pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) secara terus menerus melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan perumahan warga di Jalan Cilik Riwut Gang Bethel, Jalan Piranha IX, Jalan Lele IV, Jalan Rajawali IV dan Jalan Pelikan II. Sementara itu penyemprotan disinfektan yang sama juga dilaksanakan di lingkungan perkantoran pemerintah di kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Prov. Kalteng, Badan Keuangan Daerah (BAKEUDA) Prov. Kalteng dan Kantor Pos, Kamis (18/3/2021). 

Ketua Pelaksana Harian Satgas Penanganan Covid-19 Prov. Kalteng melalui Kepala Bidang Relawan dan Perubahan Perilaku, Kibue A.Md.Kep, S.Sos, M.AP mengatakan, “Berdasarkan Rapat Koordinasi Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Tengah yang telah dilaksanakan Rabu (17/3/2021) kemarin, bahwa pemerintah menargetkan pelaksanaan vaksinasi terhadap masyarakat Kalteng agar dapat berjalan dengan lancar, sehingga angka kasus konfirmasi Covid-19 dapat ditekan dan diminimalisir. Pemulihan kesehatan dan memulihkan perekonomian dengan kesungguhan dan kesehatian kita semua dalam mengoptimalkan strategi penanganan Covid-19,“ katanya. 

(Baca Juga : Dua Kabupaten Berada di Zona Merah, Pemprov. Kalteng Tidak Perpanjang PPKM Level 4)

“Sehubungan dengan masih tingginya risiko penularan Covid-19 di kalangan masyarakat di Kalteng, perlu adanya optimalisasi strategi penanganan Covid-19 diantaranya,  Pertama, meningkatkan pemetaan berdasarkan konfirmasi kasus positif pada tingkat RT/RW. Kedua, melakukan pembatasan skala mikro pada RT/RW terdapat kasus terkonfirmasi positif. Ketiga, melakukan perawatan terhadap kasus konfirmasi positif melalui isolasi/karantina pemerintah, dan isolasi pada rumah sakit. Keempat, mengaktifkan Satgas Penanganan Covid-19 sampai pada tingkat RT/RW. Kelima, mengoptimalkan penanganan kesehatan dan upaya pemulihan ekonomi. Dan keenam, menyediakan Bantuan Sosial terhadap masyarakat, baik yang terkonfirmasi positif maupun terhadap masyarakat yang terdampak sosial ekonominya akibat pembatasan skala mikro,“ sambungnya. 

“Semakin cepat kita bisa mencapai target tersebut, maka kita berharap semakin cepat kita mencapai kekebalan masyarakat dalam menghadapi Covid-19 ini,“ tutupnya. (Pky.18/3/2021/ DewiS & MAW &Abl/foto/Data:PusdalopsPBKalteng)

BPBPK PROV KALTENG

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook