5 Titik Lokasi Di Kobar, Dipasangi CCTV

Kontribusi dari Muhammad Agusta Wijaya, 24 Oktober 2018 19:35, Dibaca 377 kali.


MMC Kalteng - Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Persandian Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Iman Wahyudi mengatakan bahwa saat ini di Kabupaten Kobar telah dipasang 8 unit Closed Circuit Television (CCTV) di beberapa titik lokasi.

“Pemasangan CCTV ini dari Diskominfo Provinsi Kalimantan Tengah bekerjasama dengan Diskominfo Kobar. Pemasangan dibeberapa titik lokasi ini juga telah melalui berbagai pertimbangan dan survei lapangan,” kata Iman Wahyudi, Selasa (23/10).

(Baca Juga : Bupati Murung Raya: Menyerahkan 3 Unit Sepeda Motor Oprasional Pemangku Damang)

Pemasangan 8 unit CCTV itu tersebar di 5 titik lokasi, yakni di Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat), simpang Kantor Samsat samping Rumah Sakit Umum Daerah Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, Terminal Natai Suka, Dermaga Pariwisata Tanjung Puting Kumai dan di Bundaran Pancasila.

“CCTV itu dipasang 4 unit di indoor dan outdoor Kantor Samsat, terus 1 unit di sebelah Kantor Samsat sebelah Rumah Sakit Sultan Imanuddin. Selanjutnya 1 unit ada di Bundaran Pancasila, di persimpangan Jalan Iskandar, yang nantinya pada tahun depan akan dipasang videotron di dekat Pos Polantas. 1 unit di Terminal Natai Suka, kemudian 1 unit lagi dipasang di Dermaga Pariwisata Kumai,” ungkap Iman Wahyudi.

Dilanjutkannya, CCTV yang telah terpasang itu siap untuk dioperasikan. Pengendalian dan pegawasan CCTV tersebut juga bisa dilakukan melalui smartphone.

“Untuk infrastrukturnya sudah siap. Semua sudah terpasang, 6 unit sudah terkoneksi dan beroperasi. 2 unit lagi yang belum terkoneksi, di Dermaga Pariwisata dan Terminal Natai Suka, ini tinggal menunggu jaringan fiber optic, tapi akhir bulan ini sudah bisa beroperasi semua dan aplikasinya akan melalui Handphone, selain itu pengoperasiannya juga terkoneksi ke provinsi” katanya.  

Ditambahkannya lagi, pemasangan CCTV di beberapa lokasi yang dianggap strategis ini adalah untuk memantau aktivitas masyarakat Kobar di ruang publik.

“Pemasangan CCTV ini untuk pengawasan masyarakat di ruang publik. Selain itu juga untuk mewujudkan Kalimantan Tengah sebagai Smart Province dan Smart City di Kabupaten Kobar,” tambah Iman Wahyudi. (Humas Diskominfo Kobar)

Muhammad Agusta Wijaya

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook