Jaga Kelestarian Lingkungan dan SDA, Diskan Kobar Sosialisasikan Stop Ilegal Fishing di Desa Runtu

Kontribusi dari Diskominfo Kobar, 10 Maret 2021 21:11, Dibaca 718 kali.


MMCKalteng - Kotawaringin Barat - Dalam rangka menjaga kelestarian lingkungan dan sumber daya alam, Dinas Perikanan Kabupaten Kotawaringin Barat (Diskan Kobar) menggelar Sosialisasi Stop Illegal Fishing pada masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan di Aula Desa Runtu Kecamatan Arut Selatan, Rabu (10/3/2021).

Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh perwakilan Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmawas) dan perwakilan nelayan yang ada di Desa Runtu. Hadir pula dalam kegiatan tersebut dari unsur Babinkamtibmas dan aparatur Desa.

(Baca Juga : Pemko Palangka Raya Uumkan Formasi CPNS 2019)

Dalam sambutan Kepala Diskan Kobar yang disampaikan oleh Kabid Pemberdayaan Nelayan Kecil Manis Suharjo menjelaskan bahwa tujuan dari sosialisasi ini agar masyarakat juga berperan dalam menjaga kelestarian lingkungan dengan cara menggunakan alat tangkap yang ramah lingkungan.

“Kita semua memiliki peran dalam menjaga kelestarian lingkungan demi keberlangsungan sumber daya alam agar bisa terus dinikmati hingga generasi penerus,” ujar Manis.

“Salah satu tujuan kegiatan sosialisasi ini adalah meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya nelayan tentang kegiatan apa saja yang dianggap illegal dalam hal penangkapan ikan dan juga peralatan yang dilarang dalam melakukan kegiatan penangkapan seperti trawl, racun, strum dan bom ikan,” tambahnya.

Pada akhir sambutannya, Manis Suharjo mengimbau kepada masyarakat nelayan dan pokmaswas agar bersama-sama menerapkan penangkapan ikan dengan cara yang dianjurkan dan berharap agar bersama-sama mengawasi.

“Jika ada terjadi pelanggaran agar segera membuat laporan, agar hal-hal yang berdampak buruk bagi lingkungan dapat dicegah secara dini,” imbuhnya. (nita&razak/diskan)

Diskominfo Kobar

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook