Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Kalteng Hadiri Sidang Kelompok Rapat Kerja Nasional Gerakan Pramuka Tahun 2021

Kontribusi dari Widia Natalia, 10 Maret 2021 11:19, Dibaca 332 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Prov. Kalteng Ivo Sugianto Sabran menghadiri Sidang Kelompok Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Gerakan Pramuka Tahun 2021. Rapat diikuti Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Prov. Kalteng secara virtual melalui video conference dari Aula Serba Guna, Istana Isen Mulang, Rabu (10/03/2021).

Rakernas Gerakan Pramuka Tahun 2021 mengusung Tema "Pramuka Berbakti Tanpa Henti dalam Memasuki Adaptasi Kebiasaan Baru dengan Gerakan Kedisplinan dan Kepedulian Nasional". Tema ini menjadi tema keseluruhan kegiatan Pramuka Tahun 2021 ini.

(Baca Juga : Sekda Kalteng Ikuti Rakor Percepatan Pelaksanaan Program Pertashop Kerjasama Kemendagri Dengan PT. Pertamina (Persero) Tahun 2020)

Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Budi Waseso dalam laporannya menyampaikan kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan Rakernas Gerakan Pramuka Tahun 2021 yang diselenggarakan pada tanggal 09 Maret 2021. Rakernas Gerakan Pramuka Tahun 2021 ini digelar bertepatan dengan Hari Tunas Gerakan Pramuka 9 Maret. Tanggal 9 Maret ini merupakan salah satu tombak penting Sejarah Gerakan Pramuka.

Diketahui, peringatan ini berawal dari peristiwa 60 tahun silam atau pada 9 Maret 1961. Saat itu para pimpinan organisasi kepanduan seluruh Indonesia dikumpulkan di Istana Negara oleh Dr. Ir. Soekarno, Presiden Republik Indonesia (RI) Pertama, dan memerintahkan semua organisasi kepanduan melebur menjadi satu dengan nama baru yaitu Pramuka.

Tahun ini Gerakan Pramuka tepat berusia 60 Tahun. Budi Waseso mengutarakan bertepatan dengan 60 Tahun Gerakan Pramuka saat ini diharapkan untuk terus berbakti tanpa henti dan memantapkan diri sebagai wadah Kesatuan dan Persatuan yang terus mendidik kaum muda terutama dalam pendidikan karakter.

Dalam Rakernas Gerakan Pramuka kali ini, diharapkan seluruh Ketua Kwarda Gerakan Pramuka untuk dapat memberikan informasi kepada Kepala Daerah tentang keharusan, kepatuhan segenap komponen terhadap AD/ART. Selain itu, mekanisme musyawarah harus benar-benar memperhatikan AD/ART.

AD/ART Gerakan Pramuka menyangkut tentang apa dan bagaimana Gerakan Pramuka. Secara garis besar AD/ART Gerakan Pramuka berisi tentang Dasar Gerakan Pramuka, Keorganisasian dan Musyawarah Gerakan Pramuka.

“Gerakan Pramuka bukan partai politik, yang terkadang menggunakan segala cara meraih kekuasaan kepemimpinan, melainkan organisasi yang dibentuk atas dasar keinginan untuk membentuk karakter yang baik generasi muda dengan bantuan orang dewasa, dan jangan sampai ada kecenderungan pada satu pihak”, pungkas Budi Waseso .


Rapat diikuti oleh seluruh Dewan Kerja Nasional dan Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Provinsi di-Indonesia. Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Prov. Kalteng didampingi oleh seluruh pengurus Kwarda Gerakan Pramuka Prov. Kalteng.(WDY/Foto:Fery)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook