Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Kalteng Hadiri Rapat Kerja Nasional Gerakan Pramuka Tahun 2021

Kontribusi dari Widia Natalia, 09 Maret 2021 15:13, Dibaca 117 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Prov. Kalteng Ivo Sugianto Sabran menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Gerakan Pramuka Tahun 2021. Rapat diikuti Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Prov. Kalteng secara virtual melalui video conference dari Aula Serba Guna Istana Isen Mulang secara virtual, Selasa (09/03/2021).

Rakernas Gerakan Pramuka Tahun 2021 mengusung Tema "Pramuka Berbakti Tanpa Henti dalam Memasuki Adaptasi Kebiasaan Baru dengan Gerakan Kedisplinan dan Kepedulian Nasional".

(Baca Juga : Dua Satker KKP Raih Top 5 Rekonsiliasi dan Pelaporan LPJ KPPN Jakarta)


Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Budi Waseso dalam laporannya menyampaikan Rakernas Gerakan Pramuka Tahun 2021 ini digelar bertepatan dengan Hari Tunas Gerakan Pramuka 9 Maret. Tanggal 9 Maret ini merupakan salah satu tombak penting Sejarah Gerakan Pramuka.

Diketahui, peringatan ini berawal dari peristiwa 60 tahun silam atau pada 9 Maret 1961. Saat itu para pimpinan organisasi kepanduan seluruh Indonesia dikumpulkan di Istana Negara oleh Dr. Ir. Soekarno, Presiden Republik Indonesia (RI) Pertama, dan memerintahkan semua organisasi kepanduan melebur menjadi satu dengan nama baru yaitu Pramuka.

Melalui kesempatan tersebut, Budi Waseso berharap agar Pemerintah tetap terus berpegang teguh atas prinsip Ketunggalikaan terhadap Gerakan Pramuka Indonesia. Salah satu agenda dalam Rakernas adalah pembahasan program 2021 dan evaluasi program 2020 untuk mempersiapkan perencanaan yang lebih baik.

Rakernas dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali selaku Sekretaris Mabinas Gerakan Pramuka. Menpora Zainudin Amali dalam Sambutannya menyampaikan bahwa Pemerintah mengakui hanya ada satu organisasi ketangguhan kepanduan Indonesia yakni organisasi Pramuka.

Zainudin Amali mengutarakan sesuai dengan arahan Presiden RI Joko Widodo selaku Ketua Mabinas Gerakan Pramuka pada Rakornas Tahun 2020 lalu, Presiden menekankan 2 hal yakni Gerakan Kedisiplinan Nasional dan Gerakan Kepedulian Nasional. Hal hal tersebut tetap menjadi pedoman Gerakan Pramuka saat ini.

“Bapak Presiden mengharapkan untuk kita mengimplementasikan kedisiplinan dilapangan”, tutur Zainudin Amali.

Zainudin Amali menambahan dengan kehadiran Gerakan Pramuka ditengah masyarakat akan menjadi harapan untuk segera memulihkan kesehatan masyarakat dan juga membangkitkan kembali ekonomi yang sempat terpuruk sebagai dampak dari pandemi Covid-19.


Rapat diikuti oleh seluruh Dewan Kerja Nasional dan Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Provinsi di-Indonesia. Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Prov. Kalteng didampingi oleh seluruh pengurus Kwarda Gerakan Pramuka Prov. Kalteng.(WDY/Foto:Agung)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook