Rapat Koordinasi Penanganan Darurat Bencana Asap akibat Kebakaran Hutan dan Lahan Tahun 2021

Kontribusi dari BPBPK PROV KALTENG, 08 Maret 2021 14:20, Dibaca 99 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaksanakan Rapat Koordinasi Penanganan Darurat Bencana Asap akibat Kebakaran Hutan dan Lahan Tahun 2021 mengangkat Topik Penanganan Antisipasi Bencana Asap Akibat Kebakaran Hutan dan Lahan Tahun 2021 yang dipimpin langsung oleh Kepala BNPB Doni Monardo. Rapat Koordinasi Penanganan Darurat Bencana Asap akibat Kebakaran Hutan dan Lahan Tahun 2021 dilaksanakan secara secara virtual melalui video conference dihadiri dari unsur dari BNPB, Komandan Landasan Udara, TNI dan Polri pada 6 Provinsi (Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Riau, Provinsi Jambi, Provinsi Kalimantan Barat, Provinsi Kalimantan Selatan dan Provinsi Kalimantan Tengah) meliputi Sekretaris Daerah Provinsi selaku Kepala BPBD Provinsi, Kepala Pelaksana BPBD Provinsi, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi, dan Kepala Badan Lingkungan Hidup Provinsi, Senin (8/3/2021).

Rapat Koordinasi Penanganan Darurat Bencana Asap Akibat Kebakaran Hutan dan Lahan Tahun 2021 tersebut diikuti Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Fahrizal Fitri yang juga selaku Ex-Officio Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Prov. Kalteng yang menyampaikan bahwa di Kalteng untuk saat ini, titik Hotspot masih Nihil karena masih adanya turun hujan. Untuk Penetapan Status Siaga Darurat Karhutla sudah ada 3 (Tiga) Kabupaten yang sudah menetapkan yaitu Kabupaten Sukamara, Kabupaten Kotawaringin Barat dan Kabupaten Kotawaringin Timur, dan dalam waktu dekat, Provinsi Kalimantan Tengah akan segera menetapkan Status Siaga Darurat Karhutla tahun 2021. 

(Baca Juga : Sekda Kalteng Membuka Kegiatan Penilaian Kinerja Kabupaten/Kota Dalam Pelaksanaan KP2S)

“Dalam menghadapi Kesiapsiagaan Siaga Darurat Karhutla Tahun 2021 ini, Pemerintah Prov. Kalteng telah menyiapkan personil ± 8.312 terdiri dari personil TNI-AD, TNI-AU/Polri, BPBD, Dinas Kehutanan, KPHP, Mangala Agni, Masyarakat Peduli Api (MPA), dan Tagana. Sementara itu Pemerintah Provinsi Kalteng juga telah menyiapkan Anggaran Dana Bagi Hasil Dana Reboisasi (DBH DR) Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2021 yaitu Dana Anggaran DBH DR Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota Tahun 2021,“ ucapnya. 

“Berdasarkan data Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kalteng, luas lahan terbakar adalah berjumlah 13.099,21 Ha dan menurun pada tahun 2020 menjadi seluas 787,96 Ha, sehingga berhasil turun sebanyak 12.311 Ha. Hal ini merupakan hasil kerja keras semua pihak, semoga di Tahun 2021 dan seterusnya kita dapat mewujudkan komitmen dan target kita bersama untuk Kalteng Bebas Kabut Asap,“ pungkasnya. 

Dalam acara Rapat Koordinasi Penanganan Darurat Bencana Asap Akibat Kebakaran Hutan dan Lahan Tahun 2021 tersebut, Sekda Prov Kalteng H.Fahrizal Fitri didampingi oleh Plt. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Prov. Kalteng H. Darliansjah dan Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Prov Kalteng, Vent Christway dan perwakilan dari Dinas Kehutanan Prov Kalteng H.Sugiannor, bertempat di Ruang Rapat Sekda Prov Kalteng serta diikuti juga oleh Kalaksa BPBD Kabupaten dan Kota se-Kalteng melalui Zoom Meeting dari daerah tempat kerja masing-masing. (Pky.8/3/2021 / DewiS & MAW & Abl / foto / Data: PusdalopsPBKalteng)

BPBPK PROV KALTENG

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook