Sekda Kalteng Hadiri Upacara Peringatan HUT Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan ke-102 Tahun 2021

Kontribusi dari Widia Natalia, 01 Maret 2021 11:00, Dibaca 387 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Sektretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Fahrizal Fitri mewakili Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran menghadiri Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan ke-102 Tahun 2021. Peringatan HUT Pemadam Kebakaran diikuti Sektretaris Daerah Prov. Kalteng dari Ruang Bajakah, Kantor Gubernur Kalteng, Senin (01/03/2021).

Kegiatan ini merupakan sebagai salah satu bentuk, pembinaan, tradis dan perjuangan pemadam kebakaran dan penyelamatan untuk mewujudkan perlindungan masyarakat. Peringatan HUT Pemadam Kebakaran dan penyelamatan telah menjadi agenda rutin Nasional Kementerian Dalam Negeri yang dilaksanakan pada tanggal 1 Maret setiap tahunnya.

(Baca Juga : Gubernur Kalimantan Tengah Gelar Ramah Tamah dan Dialog Bersama Jajaran Pemerintah Kabupaten Barito Utara.)

Tema HUT Pemadam Kebakaran dan penyelamatan ke-102 Tahun 2021 adalah Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan yang Profesional, Mandiri & Melayani, Dalam Mendukung Adaptasi Kebiasaan Baru. HUT 102 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan ke-102 Tahun 2021 digelar terpusat di Gedung Sasana Bhakti Praja, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta.


Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian bertindak sebagai Inspektur Upacara. Mendagri Tito Karnavian dalam Sambutannya menyampaikan HUT Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan ke-102 Tahun 2021dilaksanakan ditengah pandemi Covid-19, berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana Upacara pada Tahun-Tahun sebelumnya dilaksanakan di Lapangan terbuka diikuti dengan kegiatan-kegiatan demonstrasi, ketangkasan dan lain-lain.

Tito Karnavian mengutarakan sejalan dengan Tema Peringatan HUT Pemadam Kebakaran dan penyelamatan kali ini, diharapkan tantangan terhadap kebakaran,  dan hal-hal lain penyelamatan agar tetap berjalan.

“Ada pandemi tidak ada pandemi, kebakaran tetap terjadi. Masalah-masalah yang memerlukan penyelamatan terhadap masyarakat tetap terjadi. Kita harus bekerja untuk melaksanakan tugas pokok itu. Kita harus beradaptasi dengan menggunakan perlengkapan-perlengkapan tertentu”, pungkas Tito Karnavian.

Penyelenggaraan HUT Pemadam Kebakaran dan penyelamatan ke-102 Tahun 2021 sekaligus sebagai momentum untuk penegasan kemandirian Sub Urusan kebakaran sebagai urusan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar dengan mendirikan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan minimal Tipe C sebagaimana diatur dalam Peraturan Mendagri nomor 16 tahun 2020 tentang Pedoman Nomenklatur Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi dan Kabupaten/Kota. Selain itu, meningkatkan peran Pemadam Kebakaran dan penyelamatan dalam memberikan pelayanan darurat non-kebakaran, yaitu keterlibatan dalam percepatan penanganan pandemi Covid-19 di Daerah dan mendukung adaptasi kebiasaan baru.

Selanjutnya, penegasan komitmen petugas pemadam kebakaran dan penyelamatan dalam memberikan pelayanan dan perlindungan masyarakat melalui optimalisasi penyelenggaraan Standar Pelayanan minimal sub urusan kebakaran di Daerah. Terakhir, penguatan peran Relawan Pemadam kebakaran (REDKAR) sebagaimana diatur dalam Keputusan Mendagri Nomor 364.1-306 Tahun 2020 tentang pedoman Pembinaan Relawan Pemadam Kebakaran, sebagai upaya mendorong partisipasi masyarakat dalam mewujudkan perlindungan masyarakat di bidang pencegahan dan penanggulangan kebakaran.

Peringatan HUT Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan diikuti oleh Kepala Daerah se-Indonesia secara virtual dari tempat masing-masing. Sekretaris Daerah Prov. Kalteng didampingi Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Prov. Kalteng H. Nurul Edy dan Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana dan pemadam Kebakaran Prov. Kalteng Maria Cahaya. (WDY/Foto:Arif)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook