Ivo Sugianto Sabran : Bekerja Dengan Semangat Relawan, Tanpa Pamrih dan Jangan Pernah Lelah Menimba Ilmu

Kontribusi dari Widia Natalia, 26 Februari 2021 13:59, Dibaca 120 kali.


MMCKalteng – Kotawaringin Barat - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Yulistra Ivo Azhari Sugianto Sabran yang juga Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Prov. Kalteng melantik Hj. Khairiah Halikinnor sebagai Ketua TP-PKK dan Ketua Dekranasda Kabupaten Kotawaringin Timur periode 2021-2024. Acara Pelantikan digelar secara virtual dari tempat masing-masing, Jumat (26/02/2021).

Ketua TP-PKK Prov. Kalteng Ivo Sugianto Sabran menyampaikan program Pokok PKK yang pada hakekatnya harus selaras dengan program-program Pemerintah dan Pemerintah Daerah.

(Baca Juga : Kementerian PPPA Gelar Sosialisasi Bahaya Rokok di Kalimantan Tengah)

“Tim Penggerak PKK perlu menginformasikan, mengkomunikasikan, dan mengkonsultasikan Rencana Kerja TP PKK kepada Pemerintah Daerah melalui SOPD yang membidangi urusan Pembinaan Pemerintah Daerah Pemberdayaan Masyarakat, agar Rencana Kerja TP PKK menjadi bagian tidak terpisahkan dari Dokumen Perencanaan Pembangunan Pemerintahan Daerah”, tutur Ivo Sugianto Sabran.


Ivo Sugianto Sabran meyakini jika proses dan siklus manajemen program dapat berlangsung seperti yang disampaikan diatas, Pemerintah Daerah memberi dukungan,dan fasilitas terhadap program-program Tim Penggerak PKK, sehingga Gerakan PKK dapat memberikan andil dan turut serta ambil bagian dalam upaya ikut meningkatkan taraf hidup dan kehidupan keluarga-keluarga menuju masyarakat yang maju, dan sejahtera guna mewujudkan hari esok yang lebih baik. Ivo Sugianto Sabran juga mengatakan, demikian pula halnya dengan Dekranasda yang merupakan wadah berhimpunnya segenap pemangku kepentingan seni kerajinan dan industri yang berfungsi sebagai Pembina seni kerajinan sebagai Warisan Budaya Bangsa dengan nilai cita rasa dan perwujudan keanekaragaman etnik yang ada di Tanah air serta memberikan kesempatan berusaha dan meningkatkan sumber pendapatan masyarakat.

“Juga merupakan tempat menyalurkan aspirasi anggota dan sebagai sarana komunikasi timbal balik antar anggota dengan Pemerintah serta sebagai sarana untuk menghimpun potensi pemangku kepentingan bagi pengembangan produk kerajinan sebagai bagian dari seni dan budaya”, imbuhnya.

Ketua TP-PKK Prov. Kalteng menyampaikan beberapa hal kepada Ketua TP-PKK dan Dekranasda Kabupaten Kotawaringin Timur yang baru dilantik diantaranya memahami makna yang hakiki mengenai peran dan posisi TP - PKK sebagai mitra kerja Pemerintah Daerah demikan juga dengan Dekranasda Bahwa kemitraan ini bermakna adanya kesetaraan dan saling membutuhkan.

Selain itu, memanfaatkan potensi sumberdaya yang ada, baik sumberdaya manusia maupun sumberdaya alam, sebagai potensi yang dapat didayagunakan untuk pengembangan Gerakan PKK dan Program-program PKK serta Program-program Dekranasda.

“Khusus untuk Dekranasda diera revolusi industri 4.0 kita mendorong digitalisasi penjualan dapat dilakukan guna meningkatkan promosi dan pemasaran dengan lebih baik”, tambah Ivo Sugianto Sabran.

Ivo Sugianto Sabran juga mengajak untuk senantiasa bekerja dengan semangat relawan, tanpa pamrih dan jangan pernah lelah untuk menimba ilmu, karena perkembangan ilmu dan teknologi pada dewasa ini menuntut kita untuk selalu menyesuaikannya.
Lebih lanjut Ivo Sugianto Sabran mengutarakan, di masa pandemi Covid-19 saat ini, peran TP-PKK dan Dekranasda sangat penting antara lain membantu Pemerintah dalam mengedukasi dan memberikan pemahaman kepada keluarga yang merupakan bagian terkecil dari masyarakat tentang betapa pentingnya menerapkan protokol kesehatan dalam beraktifitas sehari - hari.

“Serta menggali sebesar besarnya potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia dalam rangka meningkatkan ketahanan keluarga khususnya selama pandemi ini masih berlangsung. Dengan harapan kita semua mampu melewati masa masa sulit selama pandemi ini dengan baik”, pungkasnya. (WDY/Foto:Tomy)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook