Gubernur Kalteng Mengambil Sumpah Jabatan dan Melantik Bupati dan Wakil Bupati Kotim Hasil Pilkada Serentak 2020

Kontribusi dari Widia Natalia, 26 Februari 2021 10:37, Dibaca 888 kali.


MMCKalteng – Kotawaringin Timur – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran mengambil sumpah jabatan dan melantik Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur terpilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020. Acara Pelantikan digelar secara virtual dari tempat masing-masing, Jumat (26/02/2021).


Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur terpilih pada Pilkada Tahun 2020 adalah Halikinnor dan Irawati.

(Baca Juga : SAHLI Gubernur Paparkan Langkah-Langkah Penanganan Strategis Covid-19)


Pengucapan Sumpah Jabatan Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur dipandu oleh Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran. Selanjutnya Gubernur Kalteng bersama Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur melakukan Penandatanganan Berita Acara Pengucapan Sumpah/Janji Jabatan dan Pakta Integritas.

Rangkaian acara Pelantikan dilanjutkan dengan pengucapan kata-kata Pelantikan oleh Gubernur Kalteng. Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur dirangkai sekaligus dengan Pelantikan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Kotawaringin Timur dan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Kotawaringin Timur periode 2021-2024 oleh Ketua TP-PKK Prov. Kalteng Ivo Sugianto Sabran.

Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran saat menyampaikan Sambutannya mengucapkan selamat atas dilantiknya Bupati Dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur, Ketua TP-PKK Kabupaten Kotawaringin Timur yang juga baru dilantik sebagai Ketua Dekranasda Kabupaten Kotawaringin Timur.

“Pada kesempatan yang penuh berkah ini, atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, saya mengucapkan selamat atas dilantiknya Bupati Dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur, Saudari Ketua TP-PKK Kabupaten Kotawaringin Timur yang juga baru dilantik sebagai Ketua Dekranasda Kabupaten Kotawaringin Timur, teriring harapan semoga dengan semangat gotong royong kegiatan pembangunan di Kabupaten Kotawaringin Timur dapat semakin baik dan semakin maju, serta mampu mewujudkan masyarakat Kalimantan Tengah yang Berkah”, tutur H. Sugianto Sabran.

H. Sugianto Sabran mengutarakan dengan telah dilaksanakannya upacara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ini, maka telah usai seluruh rangkaian demokrasi yang sarat dengan dinamika, independensi, idealisme dan harapan.

“ Semua itu tak lain merupakan ikhtiar untuk memenuhi harapan masyarakat dalam meraih kesejahteraan dan martabat hidup yang lebih baik di masa-masa yang akan datang”, imbuhnya.

Orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai tersebut menyampaikan beberapa hal yang menjadi perhatian bersama, khususnya bagi Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur yang baru dilantik diantaranya mengimplementasikan apa yang menjadi Visi dan Misi Kepala Daerah dengan menyajikannya dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dengan tetap menyelaraskan Program, Kegiatan dan Kebijakan Daerah dengan Visi dan Misi Pemerintah Prov. Kalteng serta Pemerintah Pusat.

Selain itu, meningkatkan perhatian untuk penanganan Covid-19 di Daerah, melakukan langkah-langkah strategis terkait Pencegahan Stunting, meningkatkan koordinasi lintas sektoral untuk mencegah Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), meningkatkan pelayanan bagi masyarakat khususnya dalam bidang pendidikan dan kesehatan, memberikan stimulus dan perhatian khusus kepada masyarakat untuk membuka peluang usaha dan lapangan pekerjaan, meningkatkan koordinasi dengan pihak-pihak yang berwenang dalam rangka memerangi dan membrantas penyalahgunaan Narkoba, menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di Kabupaten Kotawaringin Timur dan melakukan langkah-langkah strategis dan inovatif dalam meningkatkan PAD Kabupaten Kotawaringin Timur.

“Untuk mewujudkan hal-hal tersebut di atas, Bupati dan wakil Bupati tidak harus bekerja sendiri, namun harus melibatkan seluruh stakeholder terkait, termasuk yang paling terpenting tetap berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dalam pelaksanaan Pemerintahan, Pembangunan dan Kemasyarakatan”, pungkas Gubernur.

Seperti diketahui, masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur periode 2016-2021 berakhir pada tanggal 17 Februari 2021. Sementara menunggu dilantiknya Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur definitif, Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran telah mengeluarkan surat Keputusan Nomor 188.44/75/2021 tanggal 16 Februari 2021 tentang Penunjukan Pelaksana Harian (Plh.) Bupati Kotawaringin Timur, dimana berdasarkan surat Keputusan Gubernur tersebut, Penjabat (Pj.) Sekretaris Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur Akhmad Husain ditetapkan sebagai Plh. Bupati Kotawaringin Timur sampai dengan dilantiknya Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur definitif. Dengan dilantiknya Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur definitif, seluruh tugas dan tanggung jawab beralih dari Plh. Bupati Kotawaringin Timur kepada Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur yang baru.(WDY/Foto:Tomi&Aldria)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook