Musrenbang, 71 Dari 112 Usulan Awal Disetujui di Kecamatan Manuhing dan Manuhing Raya

Kontribusi dari DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS, 17 Februari 2021 15:14, Dibaca 29 kali.


MMCKalteng - Gunung Mas – Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia L.P Umbing menghadiri sekaligus membuka kegiatan Musrenbang RKPD Kabupaten tingkat Kecamatan Tahun 2021. Kegiatan digelar di aula Kecamatan Tumbang Talaken, Selasa (16/2/2021). 

Berdasarkan hasil data yang telah terkumpul dari Bappeda Litbang, untuk daftar usulan awal Kecamatan Manuhing, sebanyak 98 usulan, diterima dan disetujui 34 usulan kegiatan dan yang ditolak 64 usulan, sebab ada beberapa usulan yang merupakan kegiatan di tahun 2021. Untuk Kecamatan Manuhing Raya daftar usulan awal 114 usulan, yang disetujui 37 dan yang ditolak 77 usulan kegiatan, jadi total hasil usulan awal 112 dari dua Kecamatan menjadi 71 usulan kegiatan.

(Baca Juga : Pegawai Tanpa Surat Izin Keluar Saat Jam Kantor Terjaring SatPol PP)

Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia L.P Umbing dalam arahannya mengatakan bahwa Musrenbang merupakan agenda tahunan dimana kita bisa bertemu mendiskusikan masalah yang dihadapi dan memutuskan prioritas pembangunan daerah ketika telah tersusun, kemudian diusulkan kepada Pemerintah di level yang lebih tinggi, dan melalui Bappeda Litbang usulan masyarakat dikategorisasikan berdasar urusan dan alokasi anggaran.

“Kepada semua Perangkat Daerah yang hadir pada saat ini termasuk Camat, agar dapat merumuskan hasil Musrenbang RKPD Kabupaten Tingkat Kecamatan sebagai bahan masukan dalam menyusun Rancangan Rencana Kerja masing-masing Perangkat Daerah, yang nantinya disinkronisasikan kembali pada Forum Gabungan Perangkat Daerah di tingkat Kabupaten yang akan direncanakan pada bulan Maret tahun 2021,” ucapnya.

“Secara khusus untuk pelaksanaan Musrenbang RKPD Kabupaten tingkat Kabupaten nanti, saya harapkan kiranya Tim Delegasi Kecamatan yang akan ditunjuk mewakili skala Kecamatan bukan lagi skala Desa/Kelurahan, Tim Delegasi Kecamatan harus mampu berkomunikasi, menjelaskan, tanggap, dan menguasai informasi terkait usulan yang akan dibawa ke Forum Gabungan Perangkat Daerah,” terang Wakil Bupati Efrensia L.P Umbing. 


Wakil Ketua I DPRD Gunung Mas Binartha mengatakan, kehadiran anggota DPRD merupakan langkah konkrit dalam memantau dan mengawal langsung jalannya Musrenbang, sehingga program-program yang akan dijalankan tepat sasaran.

"Dalam pelaksanaan kegiatan anggaran tahun 2022, DPRD Kabupaten Gunung Mas, lebih mengarah pada pemberdayaan ekonomi masyarakat, demikian juga dalam bidang infrastruktur agar dapat menunjang peningkatan ekonomi warga karena saat ini masih banyak pembangunan kita yang terkendala,” ucapnya.

Ia mengharapkan kepada Tim Delegasi agar dalam berdiskusi tentang usulan dan program kegiatan pembangunan apa saja yang sifatnya prioritas agar mendapatkan hasil yang optimal.

“Dalam bentuk pembangunan, skala prioritas tetap melihat apa dan di sisi apa. Nilai sisi prioritas tentu tidak bisa kita abaikan yang dilihat dari aspek kebutuhan masyarakat,” ungkapnya.

Kegiatan tersebut tetap menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19, yaitu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan massa. Turut hadir Anggota DPRD Dapil II, Kepala Bappeda Litbang, Kepala Perangkat daerah terkait, Camat Manuhing dan Manuhing Raya, Kepala Desa, Koramil – 05 Tumbang Talaken. (Citra Edu / Foto: Citra Edu)

DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook