Wabup dan Sekda Mura Ikuti Webinar Bersama Wakil Menteri Kesehatan

Kontribusi dari Diskominfo SP, Kab.Murung Raya, 15 Februari 2021 20:26, Dibaca 46 kali.


MMCKalteng - Murung Raya - Bertempat di Aula A Kantor Bupati Murung Raya (Mura), Wakil Bupati Rejikinoor dan Sekretaris daerah Hermon didampingi Asisten I Serampang, Kadis Kesehatan dr. Suria Siri, Kadis Kominfo Bimo Santoso, Kadis Sosial Rusine, Sekretaris BPBD Mujib, Inspektur yang diwakili Irban I Nipe, Sekretaris Pol PP Hendri Silvanus mengikuti pertemuan koordinasi untuk membahas Akselerasi Capaian Vaksinasi secara virtual Webinar bersama Wakil Menteri Kesehatan, Senin (15/2/2021). Dalam pertemuan koordinasi untuk membahas Akselerasi Capaian Vaksinasi secara webinar, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono yang langsung memimpin pertemuan tersebut diawali dengan pemaparan beliau terkait Akselerasi Vaksinasi Dan Pelacakan Kontak (Contact Tracing).


Wamenkes mengutarakan, Periode Vaksinasi 1.46 Jt Sdm Kesehatan Segera Usai Hingga 21 Februari 2021. “Indonesia Mampu Menyuntik >120 Ribu Per Hari, Namun Di Hari Minggu Sangat Sedikit Penyuntikan,” ungkap Wamenkes Dante Saksono mantan Komisaris di PT Pertamina Bina Medika IHC.

(Baca Juga : Integrasi Sawit Sapi Kurangi 20 Persen Biaya Rawat)

Menurut Dante, Capaian Vaksinasi Per Dosis Per Provinsi adalah Provinsi Bali (Tertinggi Dosis 1), Provinsi Jawa Tengah (Tertinggi Dosis 2) sementara Kabupaten dan kota yang mencapai vaksinasi tertinggi adalah Kabupaten Tana toraja, Badung, Merauke, Teluk Wondana, Manokwari Selatan, Bandung, Kotawaringin Barat, Sidoarjo, sementara Kotamadya adalah Banjar, Bandung, dan Surabaya.


Wamenkes juga menerangkan bahwa berdasarkan rekomendasi ITAGI, per 11 Februari 2021, Kemenkes mengeluarkan surat edaran bahwa orang dengan kondisi di bawah ini dapat divaksinasi: 

• Kelompok komorbid :

1. Hipertensi, kecuali jika tekanan darahnya di atas 180/110 mmHg; 

2. Diabetes, sepanjang belum ada komplikasi akut; dan 

3. Penyintas kanker

• Penyintas COVID-19 dapat divaksinasi jika sudah dinyatakan sembuh lebih dari 3 bulan 

• Ibu menyusui

“86% peserta yang batal/tunda vaksin masih mungkin menerima vaksinasi (dengan konfirmasi ulang),” ungkap Wamenkes.

Lebih lanjut Dante menyampaikan bahwa Indonesia Segera Memasuki Vaksinasi Tahap 2. “Petugas Publik & Lansia Akan Mendapatkan Prioritas Vaksinasi dengan Catatan Umur 60 tahun ke atas bisa divaksinasi berdasarkan rekomendasi BPOM dan ITAGI dan Vaksinasi dapat dilakukan juga terhadap orang dengan komorbid terkendali (rekomendasi ITAGI)," jelasnya. (DiskominfoSP_Nof).

Diskominfo SP, Kab.Murung Raya

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook