Sosialisasi Prokes 5M Digencarkan

Kontribusi dari Kemenag Kalteng, 13 Februari 2021 11:18, Dibaca 727 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Sosialisasi kepatuhan protokol kesehatan (Prokes) 5M terus digencarkan oleh jajaran Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah. Selain disampaikan secara langsung kepada pegawai dan keluarganya, sosialisasi juga disebarluaskan melalui media sosial.

Catatan Subbagian Umum dan Hubungan Masyarakat Kanwil Kemenag Kalimantan Tengah menunjukkan, seluruh Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota telah menyampaikan informasi tentang kepatuhan atas Prokes 5M. Meliputi memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, membatasi mobilitas dan interaksi, serta menjauhi kerumunan.

(Baca Juga : Lapas Palangka Raya Sulap Limbah Sayuran Jadi Pupuk Kompos Kering)

Selain itu, kampanye Prokes 5M juga dilakukan melalui pemasangan media publikasi luar ruangan. Spanduk dan baliho telah dipasang oleh madrasah, KUA kecamatan, dan Kantor Kemenag Kabupaten/Kota.

Kemudian, unit/satuan Kanwil Kemenag Kalimantan Tengah juga mensosialisasikan Prokes 5M itu melalui media sosial. Meme dan infografis dibagikan secara massif dalam grup jejaring percakapan dan media sosial lainnya.

Menurut Kakanwil Kemenag H. Abd. Rasyid, gerakan bersama jajaran Kemenag Kalteng dalam mensosialisasikan Prokes 5M itu merupakan ikhtiar bersama untuk mengurangi penyebaran Covid-19. Karena semua pihak memiliki tanggung jawab yang sama membantu pemerintah dalam mengendalikan pandemi yang terjadi saat ini.

“Secara bersama-sama kami menjalankan upaya ini agar angka positif Covid-19 bisa ditekan dan jumlahnya menurun,” beber H. Abd. Rasyid.

Kementerian Agama sendiri secara khusus telah menggariskan kebijakan internal tentang sosialisasi Prokes 5M. Hal itu dituangkan dalam Instruksi Menteri Agama Nomor 1 Tahun 2021.

“Dan untuk lingkup Kanwil Kemenag Kalimantan Tengah, instruksi Menteri Agama kami tindak lanjuti melalui surat Kakanwil yang ditujukan ke semua satuan kerja Kemenag di Kalimantan Tengah. Saya yakin dengan sosialisasi bersama ini akan berkontribusi pada peningkatan kesadaran dan kedisiplinan masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan,” ucap H. Abd. Rasyid. (Gondo Utomo)

Kemenag Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook