Relawan Balakar 620 : Kerja Ikhlas Demi Kemanusiaan

Kontribusi dari BPBPK PROV KALTENG, 03 Februari 2021 15:19, Dibaca 152 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Di tengah pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) semua unsur yang bergerak melakukan upaya pencegahan menjadi garda terdepan dalam mencegah terjadinya penularan dan penyebaran Covid-19. Upaya pencegahan tersebut salah satunya dilaksanakan di Kelurahan Menteng, Kecamatan Jekan Raya, Palangka Raya berupa penyemprotan cairan disinfektan sterilisasi dan disinfeksi, Rabu (3/2/2021). 

Kepala Bidang Relawan Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Tengah Kibue mewakili Ketua Pelaksana Harian Ir. H. Darliansjah, M.Si mengatakan, relawan yang tergabung di tim Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Tengah terdiri dari Tim Reaksi Cepat (TRC) Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Provinsi Kalimantan Tengah, Relawan Tim Serbu Api Kelurahan (TSAK) Bukit Tunggal, Relawan Masyarakat Peduli Api (MPA) Sabaru, Barisan Relawan Kebakaran (Balakar) 620, dan Barisan Relawan Kebakaran (Balakar) 654.

(Baca Juga : Penyemprotan Cairan Disinfektan di Lingkungan Perumahan Warga Kelurahan Bukit Tunggal )

“Sasaran utama dilaksanakannya penyemprotan cairan disinfektan sterilisasi dan disinfeksi oleh tim Satgas Penanganan Covid-19 Prov. Kalteng mulai dari fasilitas umum, rumah warga, termasuk juga rumah ibadah umat beragama,” tutupnya. 

Ketua Balakar 620 sekaligus sebagai anggota Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Tengah Bobby Cahyadi menyampaikan, “Sedikitnya ada 5-6 tempat yang disemprot cairan disinfektan sterilisasi dan disinfeksi setiap harinya, pada wilayah Kelurahan yang berbeda-beda. Selama bertugas di lapangan, apalagi masuk ke wilayah pasien dinyatakan positif Covid-19, sangat rentan untuk terinfeksi Covid-19. Tak ayal, ada rasa was-was pun muncul ketika pulang ke rumah. Untungnya, selama bertugas selama ini, dari tim kita tidak ada yang terpapar Covid-19 karena semua unsur yang terlibat patuh dan taat terhadap protokol kesehatan,” ucapnya.

“Alhamdulillah semua tim sehat, biasanya sebelum turun melakukan penyemprotan, kita minum suplemen berupa vitamin C untuk penguat imun tubuh, menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap. Untuk penyemprotan cairan disinfektan kita semua sesuai dengan anjuran pemerintah, gratis,  karena dari masyarakat untuk masyarakat, di luar itu tidak pernah kita memintakan biaya, jika ada yang mau memberikan kita juga menolaknya. Alhamdulillah, merasa bangga menjadi seorang relawan dari Balakar 620, walaupun bekerja di tengah terik matahari, demi kemanusiaan dalam mencegah penularan Covid-19," tutupnya. (Pky.3/2/2021/AbR&DewiS /foto/ Data:PusdalopsBPBPKKalteng)

BPBPK PROV KALTENG

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook