Relawan Balakar 654 Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Kontribusi dari BPBPK PROV KALTENG, 30 Januari 2021 14:52, Dibaca 228 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Relawan yang tergabung dalam tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Tengah, salah satunya adalah organisasi kemasyarakatan Barisan Relawan Kebakaran (Balakar) 654. Tim relawan dari Balakar 654 sehari-harinya melakukan penyempotan cairan disinfektan sterilisasi dan disinfeksi, seperti yang dilakukan di Kelurahan Panarung Palangka Raya pada hari ini Sabtu (30/1/2021). 

Kepala Bidang Relawan Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Tengah Erlin Hardi mewakili Ketua Pelaksana Harian Ir. H. Darliansjah, M.Si mengatakan, relawan yang tergabung di tim Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Tengah terdiri dari TRC Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Provinsi Kalimantan Tengah, Relawan TSAK Bukit Tunggal, Relawan MPA Sabaru, Relawan Balakar 620, dan Relawan Balakar 654. 

(Baca Juga : Peningkatan Upaya Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah)

“Dengan adanya tim relawan yang melakukan penyemprotan cairan disinfektan sterilisasi dan disinfeksi secara rutin, penularan dan penyebaran Covid-19 dapat dicegah sedini mungkin,” tutup Erlin Hardi. 

Salah seorang relawan dari Balakar 654 Salahudin menyampaikan, “Sebagai Anggota Tim Satgas Penanganan Covid-19 Prov Kalteng yang melakukan penyemprotan cairan disinfektan sterilisasi dan disinfeksi di lingkungan rumah tempat tinggal pasien Covid-19 atau di tempat pasien Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri, saya menerapkan protokol kesehatan dan mempunyai kiat-kiat tersendiri agar terhindar dan tidak tertular Covid-19,” ucapnya.  

“Protokol kesehatan yang saya terapkan, menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap, mulai dari Sepatu Boot, Baju Hazmat, Sarung Tangan, Masker, Kacamata dan menggunakan helm khusus. Selain itu ada juga kiat-kiat yang saya terapkan salah satunya, apabila sedang melakukan penyemprotan di tempat tinggal pasien positif Covid-19, tidak menyentuh apapun selain dari peralatan dan perlengkapan milik tim,” jelasnya. 

“Setelah selesai melakukan penyemprotan di area tersebut, saya minta kepada tim saya untuk disemprotkan cairan disinfektan sterilisasi dan disinfeksi ke area sekitar tubuh untuk mematikan dan menghilangkan Covid-19,“ tutupnya. (Pky.30/1/2021/DewiS /foto/ Data:PusdalopsBPBPKKalteng)

BPBPK PROV KALTENG

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook