Sosialisasi Pemberdayaan Petani Dalam Pemasyarakatan Pengendalian Hama Terpadu (P4)

Kontribusi dari TPHP Prov Kalteng, 08 Juni 2021 09:00, Dibaca 90 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Provinsi Kalimantan Tengah (TPHP) Ir. Hj. Sunarti, MM mendampingi Direktur Perlindungan Tanaman Pangan Kementerian Pertanian RI Dr. Ir. Muhammad Takdir, MM bersama jajarannya dalam rangka kunjungan kerja dan Sosialisasi Pemberdayaan Petani Dalam Pemasyarakatan Pengendalian Hama Terpadu (P4), di lokasi food estate Kabupaten Kapuas dan Kabupaten Pulang Pisau, Selasa (8/6/2021). Pada saat menyampaikan sambutannya, Kepala Dinas menyampaikan bahwa tujuan Pemberdayaan Petani Dalam Pemasyarakatan Pengendalian Hama Terpadu (P4)  adalah untuk budidaya Tanaman Pangan yang sehat agar bebas dari residu kimia, dengan menggali bahan agent hayati sebagai bahan bakunya dari wilayah setempat yang akan dimanfaatkan pada saat reventif tidak direspontif 70 Hari Setelah Tanam (HST), menjaga agroekosistem tanaman, kualitas produk hasil pangan serta kesehatan petani dan konsumen.

Diharapkan para petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tanaman (POPT) agar kreatif dan inovatif untuk melakukan  pengelolaan agroekosistem tanaman dan petani mengembangkan/memproduksi agent pengendali hayati, pestisida hayati dengan memanfaatkan sumberdaya lokal/spesifik lokasi. Provinsi Kalimantan Tengah mendapat alokasi di 3 Kabupaten yaitu Kabupaten Kapuas, Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Kotawaringin Timur dengan alokasi masing-masing 25 Hektar.

(Baca Juga : Dishub Kalteng dan BPTD Wil. XVI Ikut Sosialisasikan Aturan Sepeda dan Personal Mobile Device )


Kegiatan ini dilanjutkan dengan peninjauan lapangan ke lokasi food estate di desa Bentuk Jaya A5 Kecamatan Dadahup Kabupaten Kapuas dan melakukan pengamatan Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) yang menyerang tanaman ditemukan serangan ulat dan penyakit blas atau potong leher (Pyriculria oryzae) pada tanaman padi. Untuk mengatasi hal tersebut akan segera dilakukan Gerakan Pengendalian (Gerdal).


Selanjutnya kegiatan peninjauan lokasi Dampak Pengendalian Iklim (DPI) di kelompok Tani Okmar desa mampai dengan bantuan yang diberikan berupa sumur bor. Turut hadir pada kegiatan ini Kepala UPTD Balai Perlindungan Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Tengah Dr. Baini, SP.,M.A.P. Hadir juga ketua Poktan dengan petugas POPT pendamping serta beberapa staf Dinas Pertanian setempat. (TPHP/Foto:BPTPH).

TPHP Prov Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook