Hari Hak Asasi Binatang, Ayo Lindungi dan Sayangi

Kontribusi dari Elga Arya Putra, 15 Oktober 2018 12:18, Dibaca 1,254 kali.


MMCKalteng-  Hak Asasi bagi binatang diperingati setiap tanggal 15 oktober. Istilah ini populer sejak 1964 hingga awal 1970-an. muncul karena objektifikasi terhadap binatang dianggap sudah keterlaluan.  Seorang penulis dan psikolog dari Inggris Richard Ryder, menggambarkan istilah speciesisme untuk orang-orang yang mendukung berhentinya objektifikasi pada binatang.

Setiap binatang  memiliki hak untuk hidup, aman bebas hambatan dan tidak jauh berbeda dengan hak yang dimiliki manusia

(Baca Juga : Forkompinda Kalteng Cek Harga Sembako ke Pasar dan Bulog)

Hak asasi binatang sudah lebih berkembang, manusia dianggap masih bisa menggandalkan binatang untuk membantu pembangunan peradaban, termasuk di dalamnya dijadikan ternak, bahan penelitian, dll. Namun, harus mempertimbangkan aspek kelayakan yang diatur dalam regulasi. Misalnya bagaimana peternakan yang layak atau aturan melindungi jenis binatang tertentu atau ketentuan soal kesejahteraan binatang  atau animal welfare.

Dikutip dalam tirto.id, di Indonesia sendiri, sejumlah regulasi dibuat untuk melindungi binatang. Seperti Pasal 302 KUHP Tentang Perlindungan Hewan, Undang-Undang (UU) Nomor 18 Tahun 2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan, UU Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya, dan beberapa lainnya. Regulasi ini adalah produk dari kepedulian manusia pada hak asasi binatang. Hal ini dibuat untuk mencegah sebagian manusia yang masih punya sifat bar-bar dan senang menganiaya binatang.

Lalu bagaimana cara manusia menunjukkan dukungan terhadap Hak Asasi Hewan? Mulai dari hal terkecil, semisal bila kita memiliki binatang peliharaan di rumah, maka harus mengurusnya dengan baik, memberikan tempat berlindung, makanan yang cukup, serta menjaga kesehatannya.. (EAP/ Foto: Net)

Elga Arya Putra

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook