Plt. Kadis Kominfo Prov. Kalteng Tinjau Kesiapan Pilkada di Kecamatan Lahei, Barito Utara

Kontribusi dari Widia Natalia, 08 Desember 2020 21:11, Dibaca 284 kali.


MMCKalteng - Barito Utara – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020. Ada sebanyak 270 Daerah yang menyelenggarakan Pilkada, dengan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur di 9 Provinsi, Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota di 37 Kota, dan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di 224 Kabupaten.

Prov. Kalteng merupakan salah satu Daerah yang menyelenggarakan Pilkada. Untuk Prov. Kalteng, yakni Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng serta Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur.

Untuk memastikan Pilkada 2020 berjalan aman dan lancar, terutama kesiapan tempat pemungutan suara (TPS) pada masing-masing Daerah, seluruh Anggota Desk Pilkada Prov. Kalteng melakukan peninjauan ke TPS-TPS se-Kalteng.

(Baca Juga : Sebanyak 19.409 Warga Kobar Menerima BLT Pemprov. Kalteng)

Berdasarkan pantauan dari salah satu Anggota Desk Pilkada Prov. Kalteng yakni Plt. Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (DiskominfoSantik) Prov. Kalteng Agus Siswadi yang melakukan pemantauan di Kabupaten Barito Utara pada H-1 mengutarakan bahwasannya Kabupaten Barito Utara, seperti halnya di Desa/Kelurahan Lahei I dan II, untuk kesiapan TPS rata-rata sudah diatas 90%.

Plt. Kepala Dinas KominfoSantik Prov. Kalteng Agus Siswadi menyampaikan Desk Pilkada dari Prov. Kalteng fungsi dan tugasnya adalah memantau kesiapan dari pelaksanaan Pilkada langsung khususnya Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng Tahun 2020 dan juga sekaligus memantau pelaksanaan hari H yakni Rabu, 09 Desember 2020.

“Hari ini kami berada di Kecamatan Lahei, tepatnya di   Desa/Kelurahan Lahei I, II dan III untuk memantau kesiapan logistik di setiap TPS. Dari pemantauan kami lebih dari 90% , tinggal penyempurnaan sedikit-sedikit lagi”, ucap Plt. Kepala Dinas KominfoSantik Prov. Kalteng Agus Siswadi.

Agus Siswadi mengatakan Logistik tersebut berupa alat protokol kesehatan seperti sarung tangan dan lainnya.

“Semua sudah siap dan sampai ke TPS masing-masing. Hanya kurang dari 10% lagi kesiapannya, seperti merapikan tempat. Desa/Kelurahan Lahei, khususnya Lahei I, II dan III untuk pelaksanaan pilkada besok sudah siap melaksanakan”, imbuhnya.

Adapun hasil pemantauan pada masing-masing TPS di Desa/Kelurahan Lahei I dan II diantaranya TPS 1 terdapat 204 Daftar Pemilih Tetap (DPT) terletak di Desa/Kelurahan Lahei I, TPS 2 terdapat 307 DPT terletak di Desa/Kelurahan Lahei I, TPS 3 terdapat 229 DPT terletak di Desa/Kelurahan Lahei I, TPS 4 terdapat 177 DPT terletak di Desa/Kelurahan Lahei I, TPS 1 terdapat 271 DPT terletak di Desa/Kelurahan Lahei II, TPS 3 terdapat 216 DPT terletak di Desa/Kelurahan Lahei II, TPS 4 terdapat 252 DPT terletak di Desa/Kelurahan Lahei II dan TPS 6 terdapat 353 DPT terletak di Desa/Kelurahan Lahei II.

Anggota Desk Pilkada dari Prov. Kalteng yang melakukan pemantauan kesiapan dari pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Barito Utara yakni Inspektur Prov. Kalteng H.Sapto Nugroho dan Plt. Kepala Dinas KominfoSantik Prov. Kalteng Agus Siswadi.

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook