Plt. Gubernur Kalteng Optimis Dukungan dan Sinergi Seluruh Stakeholder Dapat Pulihkan Ekonomi Kalteng

Kontribusi dari Rikah Mustika, 03 Desember 2020 14:10, Dibaca 154 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Kondisi perekonomian saat ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal itu disebabkan oleh adanya pandemi covid-19 yang mempengaruhi aspek kehidupan masyarakat dunia, tak terkecuali Indonesia.

Pandemi covid-19 menjadi unprecented disruption (gangguan yang tidak terduga) yang menimbulkan dampak tidak hanya krisis kesehatan, namun juga sektor perekonomian dunia. Hal itu disampaikan oleh Plt. Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Habib Ismail Bin Yahya saat membacakan sambutannya dalam acara pertemuan tahunan Bank Indonesia secara virtual melalui video conference, bertempat di ruang rapat Plt. Gubernur Kalteng, Kamis (3/12/2020).

(Baca Juga : Sukseskan Percepatan pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Kalimantan Tengah)

“Berkurangnya mobilitas masyarakat sebagai dampak pandemi telah mengakibatkan kinerja sebagai lapangan usaha mengalami kontraksi, sehingga menyebabkan efek domino berkurangnya daya beli masyarakat,” ucap Habib. 

Oleh sebab itu, lanjutnya, Pemerintah Provinsi Kalteng telah melakukan langkah-langkah dalam upaya percepatan penanganan covid-19. Upaya tersebut berupa refocusing dan realokasi anggaran untuk memenuhi kebutuhan di bidang kesehatan seperti pembelian Alat Pelindung Diri (APD) dan alat kesehatan lainnya, serta memberikan bantuan sosial kepada masyarakat terdampak, terutama bagi UMKM dan pelaku usaha.

Habib mengapresiasi peran Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalteng yang telah memberikan dukungan kepada pemerintah daerah, memberikan peningkatan kapasitas kepada TPID, menjalin komunikasi dan koordinasi pengendalian inflasi, mendorong elektronifikasi transaksi pemerintah melalui digitalisasi, serta berkontribusi langsung dalam pembinaan dan pengembangan UMKM lokal.

“Saya merasa optimis, melalui dukungan dan sinergi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalteng serta seluruh stakeholder yang terjalin selama ini, perekonomian Kalteng dapat segera pulih dan tumbuh lebih tinggi,” ucapnya.

Habib berharap kepada seluruh stakeholders baik pemerintah daerah, instansi vertikal, asosiasi, akademisi, pelaku usaha, dan seluruh masyarakat Kalteng untuk tetap memberi perhatian lebih dalam bersinergi membangun optimisme pemulihan ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat Kalteng yang lebih maju. Ia juga menghimbau untuk mengoptimalkan penyerapan belanja pemerintah pada tahun 2021 dan melakukan formulasi kebijakan stimulus ekonomi skala besar menyesuaikan dengan kemampuan anggaran masing-masing pemerintah daerah.

Acara ini dihadiri oleh Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat RI, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat RI, Ketua Perwakilan Daerah RI, Ketua Mahkamah Agung, Ketua Badan Pemeriksa Keuangan, Gubernur BI beserta Anggota Dewan Gubernur BI, Duta Besar Negara Sahabat, Menteri Kabinet Indonesia Maju, Duta Besar RI sebagai Negara, Pimpinan Lembaga Pemerintah, Gubernur  Provinsi, Bupati/Walikota se-Indonesia, Pimpinan Perbankan, korporasi dan Akademisi. (Rkh / Foto : Riduan)

Rikah Mustika

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook