Optimalisasi Komitmen, Koordinasi dan Inovasi Dalam Keterbukaan Informasi Publik Dislutkan Prov Kalteng

Kontribusi dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah, 02 Desember 2020 16:39, Dibaca 464 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Provinsi Kalimantan Tengah masuk dalam 12 besar untuk menyampaikan persentasinya terkait komitmen, koordinasi dan inovasi dalam layanan keterbukaan informasi publik yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Tengah pada Rabu (2/12/2020) di Gedung Smart Province Dinas Komunikasi, Informatika Persandian dan Statistik Prov Kalteng sehubungan dengan Rangkaian Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) tahun 2020. Dalam persentasinya, Kadislutkan Ir. H. Darliansjah, M.Si memaparkan terkait Optimalisasi Komitmen, Koordinasi dan Inovasi Dalam Pelayanan Keterbukaan Informasi Publik Dislutkan Prov Kalteng.

Dalam paparannya Darliansjah sangat berkomitmen dan melakukan inovasi-inovasi terhadap keterbukaan informasi publik di instansi yang dipimpinnya. Kadislutkan memaparkan 3 (tiga) poin penting dan strategis yaitu 1). komitmen kelembagaan baik berupa regulasi, penganggaran, sarana dan prasarananya serta sumber daya manusia PPID, 2). Koordinasi layanan keterbukaan informasi publik, dan 3) inovasi layanan publik.

(Baca Juga : Kategorisasi Kasus Covid-19 di Kabupaten dan Kota Prov. Kalteng)


Dipaparkan H. Darliansjah bahwa Dislutkan telah membuat inovasi-inovasi dalam peningkatan keterbukaan informasi termasuk layanan data/informasi antara lain buku pintar kelautan dan perikanan, web satu data perikanan dan aplikasi geoportal laut berkah yang bisa diakses oleh pemangku kepentingan, pelaku usaha perikanan dan masyarakat.

"Diharapkan dengan inovasi ini pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan sektor perikanan dan kelautan di Kalteng akan lebih baik dan efektif, disamping itu juga akan mampu meningkatkan pelayanan PPID Dislutkan yang lebih excellent," tegas Kadislutkan.

Dalam kegiatan ini selaku Panelis/Tim Penilai dalam Presentasi Badan Publik Lingkup Prov. Kalteng tahun 2020 ini antara lain Plt. Kepala Dinas Kominfosantik Prov. Kalteng selaku PPID Utama Prov. Kalteng Agus Siswadi, Ketua Komisi Informasi Prov. Kalteng Daan Rismon, Wakil Ketua Komisi Informasi Prov. Kalteng Setni Betlina, Anggota Komisi Informasi Prov. Kalteng Baneri Repelita, Srie Rosmilawati dan M.Mukhlas Roziqin. (Adt/Foto: Cecil)

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook