Arahan Penanganan Covid-19 di Wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur

Kontribusi dari BPBPK PROV KALTENG, 01 Desember 2020 19:05, Dibaca 561 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Plt. Gubernur Kalimantan Tengah, Habib Ismail Bin Yahya selaku Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kalimantan Tengah hadir dalam Acara Rapat Pembahasan peningkatan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kotawaringin Timur dan Persiapan Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020, Senin (30/11/2020). Dalam arahannya, Habib Ismail Bin Yahya menyampaikan, “Perlunya peningkatan upaya penanganan covid-19 di Wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur dengan Melakukan Upaya Sosialisasi Protokol Kesehatan secara masif, terutama pembuatan poster-poster protokol kesehatan dan ditempelkan pada fasilitas-fasilitas umum (pasar, dan lainnya), fasilitas sosial (masjid, gereja dan lainnya), tempat-tempat usaha, dan tempat-tempat lainnya," ucapnya

“Melibatkan secara intensif dalam Satgas Penanganan Covid-19 sampai pada Satgas RT/RW tokoh-tokoh agama, tokoh-tokoh adat, dan tokoh-tokoh berpengaruh lainnya dalam pelaksanaan sosialisasi dan edukasi penerapan protokol kesehatan. Menerapkan kembali pembatasan perjalanan dinas ke luar daerah (OPD, BUMN, Instansi Lainnya)," imbuhnya.

(Baca Juga : Tren Covid-19 di Kabupaten dan Kota Provinsi Kalimantan Tengah)

"Memfasilitasi dan mengarahkan UMKM dalam pemenuhan sarana prasarana protokol kesehatan dalam menjalankan usahanya. Meningkatkan dukungan penyediaan fasilitas 4M (masker, tempat cuci tangan, disinfektan, dan lainnya) kepada masyarakat/kelompok masyarakat. Meningkatkan upaya 3T (Testing, Tracing dan Treatment) sesuai dengan skala emergency dan zonasi per Kelurahan/Desa, RW/RT,” tambahnya.

“Meningkatkan Pengawasan dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sesuai dengan Peraturan Kepala Daerah yang sudah ditetapkan dengan tetap mengedepankan pendekatan humanis dan mengoptimalkan peran Satuan Polisi Pamong Praja didukung Kepolisian dan TNI. Jika perlu melaksanakan Tes Swab/PCR bersamaan dengan operasi yustisi yang dilaksanakan secara gabungan. Bupati selaku Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten melaporkan kepada Plt. Gubernur Kalimantan Tengah pelaksanaan tindak lanjut rekomendasi percepatan penanganan covid-19,” tutupnya (Pky.1/12/2020 DewiS Foto/Data:PusdalopsPBKalteng)

BPBPK PROV KALTENG

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook