Plt. Gubernur Kalteng Lakukan Penyaluran Bantuan Sosial Tahap II di Kelurahan Selat Dalam, Kab. Kapuas

Kontribusi dari Widia Natalia, 13 November 2020 14:44, Dibaca 75 kali.


MMCKalteng – Kapuas – Plt. Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Habib Ismail Bin Yahya melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kabupaten  (Kab) Kapuas, Jumat (13/11/2020). Kunker tersebut dalam rangka menghadiri Penyaluran Bantuan Sosial Tahap II (Sembako) di Kelurahan Selat Dalam, Kecamatan Selat, Kab. Kapuas.

Kegiatan tersebut dirangkai dengan penyerahan bantuan masker dan bantuan spesifik bagi Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) BIFAHMIDIN Kab. Kapuas.  Bantuan ini dimaksudkan untuk penanganan dampak Bencana Non Alam Pandemi Covid-19. Selain itu, bantuan yang diberikan merupakan wujud konkret perhatian Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dalam upaya mengendalikan penyebaran Covid-19.

(Baca Juga : Kuliner Kerupuk Basah Khas Pangkalan Bun dan Resep Pengolahannya)

Setibanya di Kab. Kapuas, Plt. Gubernur Kalteng beserta rombongan disambut langsung oleh Plt. Sekretaris Daerah Kab. Kapuas Septedy beserta jajarannya. Plt. Gubernur didampingi Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM Herson B. Aden,  Kepala Dinas Kesehatan Prov. Kalteng  Suyuti Syamsul, Plt. Kepala Dinas Sosial Prov. Kalteng Rian Tangkudung, Plt.  Kepala Dinas Pemberayaan Masyarakat dan Desa Prov. Kalteng Rojikinoor, Plt. Kepala Dinas Perhubungan Prov. Kalteng Yulindra Dedy dan Plt. Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Prov. Kalteng Sutoyo.

Pandemi Covid-19 sangat berdampak pada sektor ekonomi, dimana masyarakat ada yang mengalami kekurangan atau bahkan kehilangan sumber mata pencaharian. Untuk itu, Pemprov. Kalteng menyalurkan bantuan dan memprioritaskan bantuan sosial, baik yang didapat dari Pemerintah Pusat maupun dari Pemerintah Daerah untuk dibagikan kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan.

Jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kab. Kapuas yang mendapatkan bantuan sosial melalui APBD adalah sebanyak 3.556 KK. Dalam arahannya, Plt. Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya menyampaikan bahwa telah menginstruksikan kepada seluruh instansi terkait, bersama dengan Bhabinkamtibmas dan Babinsa di berbagai pelosok Kalteng, untuk secara seksama menelusuri keluarga–keluarga tidak mampu yang belum mendapatkan bantuan, untuk didata agar segera mendapatkan bantuan.

Habib Ismail Bin Yahya menekankan kepada seluruh pelaksana penyaluran Bantuan Sosial ini, untuk tidak main–main dalam penyalurannya.

Dalam kesempatan tersebut, Habib Ismail Bin Yahya juga menyerahkan secara simbolis bantuan berupa masker dan bantuan spesifik untuk masyarakat Kab. Kapuas. Bantuan masker yang diserahkan di Kab. Kapuas berjumlah 6.000 pcs. Sementara, bantuan spesifik yang diberikan yakni berupa penyediaan fasilitas cuci tangan yang memadai baik di gang-gang , jalan kecil, juga pertokoan modern (seperti toserba) dan pasar-pasar.

“Agar menjadi perhatian bagi Dinas terkait, untuk mengoordinir, membantu, dan mengawasi fasilitas ini tersedia di tempat-tempat tersebut”, tutup Habib Ismail Bin Yahya.

Plt. Sekretaris Daerah Kab. Kapuas Septedy saat membacakan Sambutan tertulis Plt. Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor menyampaikan ucapan Terima Kasih kepada Plt. Gubernur Kalteng beserta jajaran yang berkenan hadir secara langsung  melakukan penyerahan simbolis bantuan sosial paket sembako bagi masyarakat terdampak Covid-19 di Kab. Kapuas.(WDY/Foto:Arya)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook