Penerapan Protokol Kesehatan 3M di Pelabuhan Perikanan Kuala Pembuang

Kontribusi dari Rikah Mustika, 10 November 2020 09:45, Dibaca 631 kali.


MMCKalteng - Seruyan – Hingga kini, kasus virus corona (COVID-19) di Indonesia tak kunjung menurun, tak terkecuali di Kalimantan Tengah (Kalteng). Untuk mencegah dan menekan lajunya penularan COVID-19, penting diterapkan protokol kesehatan dengan cara 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. 

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelabuhan Perikanan Kuala Pembuang menerapkan protokol kesehatan Covid-19 bagi nelayan yang beraktivitas di wilayah pelabuhan. Hal itu dilakukan agar pelabuhan tidak menjadi cluster baru untuk penularan COVID-19.

(Baca Juga : Kejadian Karhutla di Jalan Sisingamangaraja Palangka Raya)

"Pemahaman nelayan terhadap protokol kesehatan COVID-19 yang dikeluarkan Kemenkes RI perlu diketahui dengan baik khususnya nelayan lokal di Desa Sungai Undang, Kuala Pembuang Kabupaten Seruyan," kata Plt.Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelabuhan Perikanan Elsie Halifah, Selasa (10/11/2020).

Menurutnya, dalam pengelolaan UPT, Pelabuhan Perikanan Kuala Pembuang menampung kegiatan masyarakat perikanan, terutama terhadap aspek produksi, pengolahan dan pemasaran, serta pembinaan masyarakat nelayan. Nelayan merupakan salah satu kelompok masyarakat yang memiliki interaksi berantai dengan masyarakat luas.

Pada umumnya, dalam kehidupan sehari-hari nelayan berinteraksi dengan sesama nelayan, pengepul, pengecer, pengolah hasil perikanan dan masyarakat di sekitar tempat tinggalnya. Melihat banyaknya kelompok masyarakat yang dapat berinteraksi dengan nelayan, maka selayaknya nelayan perlu mewaspadai bahaya wabah COVID-19. Penularan COVID-19 pada nelayan akan berdampak besar terhadap produksi perikanan, pemasaran perikanan hingga tingkat konsumsi terhadap produk perikanan.

“Kami terapkan protokol kesehatan di wilayah pelabuhan perikanan Kuala Pembuang, area wajib memakai masker, disediakan tempat cuci tangan, tetap menghimbau agar selalu menjaga jarak saat beraktivitas dan bekerja sama dengan Satuan Tugas COVID-19 Kabupaten Seruyan melakukan penyemprotan disinfektan di kapal nelayan dan area pelabuhan,” ujar Elsie.

Lebih lanjut, Elsie menambahkan, selain himbauan agar selalu menerapkan protokol kesehatan, pihaknya juga membagikan masker kepada nelayan yang melakukan aktivitas di Pelabuhan Perikanan Kuala Pembuang. Sebab peran dan dukungan dari masyarakat sangat dibutuhkan untuk menghindari terjadinya penularan dan untuk memutus mata rantai COVID-19. (Rkh / Foto: Fr)

Rikah Mustika

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook