MJC 2020 Berakhir Dengan Pelantikan Jurnalis dan Pembagian Hadiah

Kontribusi dari Rikah Mustika, 05 November 2020 16:42, Dibaca 163 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Madrasah Journalist Competition (MJC) tingkat SMA/SMK/MA se-Kalimantan Tengah tahun 2020 diakhiri dengan kegiatan pelantikan pengurus jurnalis MAN Kota Palangka Raya (Mankoraya) masa jabatan 2020/2021 dan pembagian hadiah pemenang lomba, Kamis (5/11/2020). MJC ini dilaksanakan dalam dua kegiatan, yaitu pelatihan bagi jurnalis tingkat SMA/SMK/MA se-Kalimantan Tengah pada tanggal 14 Oktober 2020 lalu, dan lomba di bidang jurnalis secara virtual yang ditutup dengan pelantikan dan pembagian hadiah hari ini tadi.

Kepala Mankoraya H. Ahd Fauzi sebelum melantik 35 orang pengurus baru di lapangan upacara berpesan, “Kalian adalah orang-orang terbaik yang terpilih bisa menjadi jurnalis madrasah. Oleh karenanya jadikanlah kegiatan di jurnalis ini untuk menambah wawasan dan keterampilan di bidang kejurnalistikan," kata H. Ahd Fauzi.

(Baca Juga : Latihan Bersama Guna Hadapi Tim MAN 1 Pulpis.)

Namun perlu diperhatikan juga tugas pokok kalian, yaitu mengikuti pelajaran, pesannya. “Jangan gegara kegiatan jurnalis, pelajaran jadi terabaikan," ujar H. Ahd Fauzi.


Lebih lanjut H. Ahd Fauzi mengingatkan bahwa tugas jurnalis adalah menginformasikan semua kegiatan di madrasah, baik kegiatan siswa, tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan. “Informasikan berita dengan kata-kata yang baik dan santun,” ucapnya.

“Manfaatkan fasilitas media sosial, baik Instagram, facebook, blog, youtube dan web madrasah dengan maksimal. Agar masyarakat lebih mengenal lagi dengan Mankoraya," tandasnya.

Koordinator jurnalis Mankoraya Asran Dirun mengatakan bahwa ajang MJC 2020 ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan sebagai sarana untuk mengasah keterampilan siswa di bidang jurnalistik. Sementara ketua panitia MJC 2020 yang juga ketua jurnalis Mankoraya Noorzahrah Cintya Ningrum mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kepala Mankoraya, guru pembimbing, sponsor, donator, panitia lomba dan peserta MJC 2020.


“Saya dan seluruh panitia memohon maaf jika sejak pelaksanaan pelatihan jurnalistik hingga pembagian hadiah hari ini terdapat kekurangan atau ada hal-hal yang kurang berkenan di hati peserta sekalian,” ucap Noorzahrah.

Dari hasil ajang MJC 2020, SMAN 1 Palangka Raya meraih juara 1 lomba reportase, juara 2 diraih MAN 1 Pulang Pisau, juara 3 diraih MA Muslimat NU Palangka Raya dan juara favorit diraih MA Muslimat NU Palangka Raya. Lomba film pendek diraih MAN Kota Palangka Raya sebagai juara 1, MAN 1 Pulang Pisau juara 2, SMAN 1 Palangka Raya tim 1 juara 3 dan SMAN 1 Palangka Raya tim 2 juara favorit.

Dari cabang essay SMAN 3 Fadilla Siti Syafira meraih juara 1, dari Mankoraya Greina Yudha Angraini juara 2, dari SMAN 1 David Aryodh juara 3 dan SMA IT Hasanka Nor Najian Adila juara favorit. Dari cabang lomba konten edukasi juara 1 diraih MAN Murung Raya M. Ogyi Saputra, Fitria Noor Hapipah dan Ashabul Kahfi, juara 2 MAN Pulang Pisau Afifah Vania, juara 3 diraih SMAN 1 Palangka Raya Valencia Violetta dan juara favorit diraih MA Muslimat NU Palangka Raya Budi Hartanadi. Sedangkan cabang poster digital juara 1 diraih SMAN 1 Palangka Raya Archie Taftazani Azra, juara 2 MAN Kota Palangka Raya Laila Maulida, juara 3 MAN Kota Palangka Raya Dina Purwantika dan juara favorit diraih MAN Kota Palangka Raya Suci Marselia. (Asdi)

Rikah Mustika

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook