Satgas Saber Pungli Kobar Awasi Penyaluran Bansos

Kontribusi dari Diskominfo Kobar, 13 Oktober 2020 21:32, Dibaca 97 kali.


MMCKalteng - Kotawaringin Barat - Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) terus melakukan pengawasan penyaluran Bantuan Sosial (bansos) kepada masyarakat terdampak pandemi Covid-19. Pengawasan bertujuan memberikan rasa aman dan tenang kepada pemerintah ataupun masyarakat penerima, bahwa dalam proses penyaluran bansos tersebut berjalan sesuai ketentuan dan tidak terjadi pungli.

“Sudah menjadi tugas kami untuk mengawal bansos. Kami bagi tim terjun ke masing-masing titik tuju. Setelah itu berkumpul kembali untuk menyampaikan hasil monev masing-masing tim satgas,” ujar Kompol Boni Ariefianto saat ditemui di Sekretariat Satgas Saber Pungli Kobar, Selasa (13/10/2020).

(Baca Juga : Warga Petuk Karimun Serbu Sembako Bersubsidi)

Kegiatan pengawasan dalam bentuk monitoring dan evaluasi dilakukan di wilayah Kecamatan Arut Selatan. Satgas Saber Pungli Kobar menerjunkan 4 tim untuk 4 tempat kegiatan, yaitu Kecamatan Arut Selatan, Desa Pasir Panjang, Desa Natai Raya, dan Desa Kumpai Batu Atas.

Hasil dari monev secara umum ditemukan kesalahan-kesalahan administrasi saat tahap-tahap awal penyaluran bansos. Namun kemudian saat ini sudah dilakukan perbaikan data penerima di tahapan penyaluran berikutnya.

Satgas saber pungli kobar terus melakukan upaya pencegahan pungli di tengah masyarakat. Pencegahan yang dilakukan dengan monev penyaluran bansos dan sosialisasi ke tengah masyarakat melalui Bhabinkantibmas.

"Hasil dari pengawasan ini akan kami sampaikan ke Bupati Kobar selaku penanggungjawab Satgas Saber Pungli Kobar," pungkasnya. (itkab kobar)

Diskominfo Kobar

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook