Dislutkan Bersama BPTP Kalteng dan BPTP Kalsel Latih Masyarakat Kawasan Food Estate Dalam Pemanfaatan Sumber Daya Lokal Perairan Rawa

Kontribusi dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah, 09 Oktober 2020 12:26, Dibaca 1,548 kali.


MMCKalteng – Pulang Pisau – Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah bersama Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kalimantan Tengah dan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kalimantan Selatan sudah bergerak cepat pada hari ini Jumat (9/10/2020) melaksanakan pelatihan pemanfaatan sumber daya lokal perairan rawa. Hal ini bertujuan untuk peningkatan pendapatan petani dan pembudidaya ikan kawasan Food Estate di Desa Belanti Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah (Kalteng).

Dalam sambutannya Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah Darliansjah mengatakan bahwa potensi tanaman pangan, hortikultura dan peternakan serta perikanan di kawasan Food Estate sangat luar biasa dan menjanjikan. Potensi ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin dan optimal.

(Baca Juga : Bappedalitbang Gelar Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2023)


Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui Dinas Kelautan dan Perikanan akan merevitalisasi kolam, keramba milik masyarakat yang sudah ada, serta akan memfasilitasi pembuatan kolam dan keramba sesuai potensi kawasan. Disamping itu juga kegiatan ini akan meningkatkan sumber daya manusia (SDM) masyarakat tentang usaha perikanan.

Berkenaan dengan masalah pakan dan benih yang masih tergantung dari luar daerah seperti Jawa dan Kalimantan Selatan, Bapak Gubernur akan membangun pabrik pakan ikan di Kalimantan Tengah termasuk membangun Balai Benih Ikan Sentra Modern. Harapannya dengan pelatihan ini masyarakat sudah menguasai usaha perikanan antara lain terkait kualitas air, teknik budidaya ikan sistem kolam dan keramba, pembenihan ikan serta pengolahan pakan berbahan dasar lokal. (Adt/Foto: Lana)

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook