Alwanda Ayuningtyas Yogiswari, Duta GenRe Provinsi Kalimantan Tengah

Kontribusi dari Rikah Mustika, 02 Oktober 2020 19:19, Dibaca 160 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Siswi kelas XII Agama 1 MAN Kota Palangka Raya (Mankoraya) Alwanda Ayuningtyas Yogiswari terpilih menjadi duta GenRe Provinsi Kalimantan Tengah, Jumat (2/10/2020). Gadis kelahiran 2003 tersebut adalah siswa aktif di kegiatan ekstra kurikuler Pusat Informasi Konseling Remaja (PIKR) Melati Suci Mankoraya.

Sejak di PIKR Melati Suci, Alwanda sering mewakili Mankoraya di berbagai kegiatan, mulai dari sosialisasi program GenRe, penerangan kesehatan dan berbagai lomba. Alwanda Ayuningtyas Yogiswari yang biasa dipanggil Wanda termotivasi mengikuti seleksi dengan tujuan agar dirinya menjadi remaja yang terencana, katanya.

(Baca Juga : Dishub Kalteng dan BPTD Wil. XVI Ikut Sosialisasikan Aturan Sepeda dan Personal Mobile Device )

“Dalam hidup kita harus menjalani yang namanya 5 transisi kehidupan,” ujar Wanda kepada Humas Mankoraya.

Lima transisi itu meliputi melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, berkarir, berkeluarga, bermasyarakat dan menerapkan pola hidup sehat, jelas Wanda. Wanda pun merasa yakin dirinya bisa menjadi orang sukses, jika ia menjalankan 5 program yang dicanangkan BKKBN tersebut.

Perjalanan panjang Wanda bisa menjadi duta GenRe tidaklah mudah. Ia harus melalui seleksi di tingkat kota terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan ke tingkat provinsi, yang mana pesertanya memiliki talenta yang luar biasa.

“Saya harus melalui tes kepribadian, interview kegiatan PIKR, penyampaian visi misi, program kerja, unjuk bakat dan tanya jawab sebagai penentuan akhir," kata Wanda.

Ia berharap kegiatan pemilihan duta GenRe ini bisa tersebar luas ke masyarakat, dengan sasarannya adalah para remaja, agar mereka bisa menempatkan diri sebagai generasi yang produktif dengan selalu merealisasikan 5 program GenRe tersebut, ujarnya. Wanda pun tak lupa mengucapkan syukur Alhamdulillah kepada Allah Swt dan kepada Kepala Mankoraya serta guru pembimbing yang sudah mendukungnya mengikuti pemilihan duta GenRe. Semoga tahun depan jejak saya ini bisa diikuti oleh adik-adik kelas saya, pungkasnya. (Asdi)

Rikah Mustika

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook