Asisten Administrasi Umum Setda Kalteng Ikuti Rakornas Implementasi Reformasi Birokrasi dan Rakernas FORSESDASI Tahun 2020

Kontribusi dari Widia Natalia, 30 September 2020 10:27, Dibaca 11 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya - Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Lies Fahimah mewakili Plt. Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Implementasi Reformasi Birokrasi dan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Forum Sekretaris Daerah se-Indonesia (FORSESDASI) Tahun 2020. Kegiatan tersebut diikuti Asisten Administrasi Umum Setda Prov. Kalteng secara virtual melalui video conference dari Aula Eka Hapakat Lt. III Kantor Gubernur Kalteng, Rabu (30/09/2020).

Rakornas Implementasi Reformasi Birokrasi dan Rakernas FORSESDASI Tahun 2O20 dibuka secara langsung oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Muhammad Hudori mewakili Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian secara virtual melalui video conference. Kegiatan ini menghadirkan narasumber yakni Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN dan RB) Dwi Wahyu Atmaji mewakili Menteri PAN dan RB Tjahjo Kumolo dan Deputi Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Bidang Pengawasan Bidang Penyelenggaraan Keuangan Daerah Dadang Kurnia mewakili Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh secara virtual dari tempat masing-masing.

(Baca Juga : Nuryakin : Pencegahan Tindak Korupsi Menjadi Komitmen Bersama)

Tema dalam acara tersebut adalah "Peningkatan Kualitas  dan Percepatan Pelayanan Publik Untuk Mewujudkan Indonesia maju". Dalam sambutannya sekaligus menjadi keynote speaker, Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Muhammad Hudori mengucapkan terimakasih kepada para Sekretaris Daerah yang sudah hadir.

"Semoga kita selalu bisa bersinergi ke depannya. Kita sukseskan momentum ini", tutur Muhammad Hudori.

Hal-hal yang disampaikan oleh Muhammad Hudori yakni terkait program untuk menyejahterakan masyarakat.  Muhammad Hudori juga mengimbau kepada seluruh peserta yang hadir agar bersikap netralitas dalam Pilkada.

"Kurangi kerumunan massa. Pilkada harus aman, tertib, lancar dan bebas dari penularan Covid-19", pungkasnya.

Sementara, Sekretaris Kementerian PAN dan RB Dwi Wahyu Atmaji juga menyampaikan mengenai implementasi informasi birokrasi dan akuntabilitas Daerah sesuai target RPJMN 2019-2024. RPJMN Nasional Tahun 2020-2024 memuat strategi pembangunan Nasional, kebijakan umum, Proyek Prioritas Strategis, program Kementerian/Lembaga dan lintas Kementerian/ Lembaga, arah pembangunan kewilayahan dan lintas kewilayahan, Prioritas Pembangunan, serta kerangka ekonomi makro yang mencakup gambaran perekonomian secara menyeluruh termasuk arah kebijakan fiskal dalam rencana kerja yang berupa kerangka regulasi dan kerangka pendanaan yang bersifat indikatif.

Lebih lanjut, Dwi Wahyu Atmaji menjelaskan peningkatan kualitas pelayanan publik merupakan hal utama yang harus dilakukan Pemerintah, karena semua itu menjadi dambaan masyarakat di seluruh Indonesia. Adapun pelayanan prima adalah yang sesuai dengan kebutuhan dan harapan masyarakat.

“Pelayanan prima dapat dicapai oleh suatu unit/ lembaga pelayanan publik, jika menerapkan standar pelayanan publik dengan baik, sebab, ukuran penilaian masyarakat terhadap pelayanan prima sebenarnya sangat sederhana, yakni persyaratan sederhana, pelayanan cepat, nyaman, serta berbiaya murah bahkan gratis”, tutup Dwi Wahyu Atmaji.

Pada kesempatan yang sama, Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Bidang Penyelenggaraan Keuangan Daerah Dadang Kurnia menghimbau agar terus dilakukan pengawasan pengadaan barang dan jasa yang terkait Pandemi sekarang ini. Dadang Kurnia juga mengingatkan agar bersama-sama untuk saling berkolaborasi mempercepat penanganan pencegahan Covid-19.

Rangkaian acara diisi dengan Pemberian Cinderamata dari FORSESDAS Kepada Mendagri, Menteri PAN dan RB diwakili Sekretaris Kementerian PAN dan RB Dwi Wahyu Atmaji dan Kepala BPKP Pusat diwakili Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Bidang Penyelenggaraan Keuangan Daerah Dadang Kurnia. Rangkaian acara diakhiri dengan Penetapan Tuan Rumah Rakornas Tahun 2020 sekaligus penutupan secara resmi Rakornas Implementasi Reformasi Birokrasi dan Rakernas FORSESDASI Tahun 2O2O oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri.

Dari hasil penetapan, Tuan rumah Rakornas Tahun 2021 ditetapkan di Provinsi Kepulauan Riau.

Turut hadir mendampingi Asisten Administrasi Umum Setda Prov. Kalteng yakni sejumlah Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng. Acara ini diikuti oleh seluruh Sekretaris Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota se-Indonesia. (WDY/Foto:Yudis)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook