Plt. Gubernur Kalteng Membuka Rakorda FKUB Kabupaten/Kota se-Kalteng Tahun 2020

Kontribusi dari Widia Natalia, 29 September 2020 10:55, Dibaca 474 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Plt. Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Habib Ismail Bin Yahya memberi Sambutan sekaligus membuka secara resmi acara Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten/Kota se-Kalteng Tahun 2020. Rakorda digelar oleh FKUB Provinsi (Prov) Kalteng,  dilaksanakan secara virtual melalui video conference dari Aula Jayang Tingang Lt. II Kantor Gubernur Kalteng, Selasa (29/09/2020).

Kegiatan kali ini mengusung Tema “Bangun Harmoni Perkuat Kerukunan di Bumi Tambun Bungai Kalimantan Tengah”. FKUB merupakan sebuah wadah yang dibentuk oleh masyarakat dan difasilitasi Pemerintah dalam rangka membangun dan memelihara serta memberdayakan umat beragama untuk kerukunan dan kesejahteraan bagi seluruh pemeluk agama di Indonesia khususnya di Bumi Tambun Bungai Kalteng.

(Baca Juga : Gubernur Hadiri Puncak Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional Tahun 2019)


Plt. Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya dalam sambutannya mengucapkan selamat dan sukses atas diselenggarakannya Rakorda FKUB Kabupaten/Kota yang dilaksanakan di Kota Palangka Raya, sebagai bagian dari implementasi peran dan fungsi FKUB di Kalteng dalam menjaga harmonisasi Kerukunan Umat Beragama dengan harapan FKUB mampu mengembangkan komunikasi secara terbuka sekaligus mampu mencari solusi dalam menyelesaikan berbagai permasalahan, baik yang terjadi saat ini maupun permasalahan yang menjelang Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020. Habib Ismail Bin Yahya berharap melalui Rakorda FKUB Kabupaten/Kota se-Kalteng ini, mampu menghasilkan kesepakatan yang strategis dan aktual guna meningkatkan dan memantapkan peran serta kualitas keberadaan FKUB , ditambah lagi dengan dukungan yang diberikan oleh Pemerintah Daerah, baik di Provinsi maupun di Kabupaten/kota se-Kalteng.

Pada kesempatan tersebut, Plt. Gubernur Kalteng juga menghimbau para peserta agar dalam mengikuti Rakorda FKUB ini dapat mengungkapkan kekuatan dan kelemahan yang diperoleh dalam melaksanakan program dan kegiatan Tahun 2020 sekaligus memberikan solusi perbaikan serta memberikan kontribusi dalam pembangunan bagi kepentingan Bangsa dan Negara pada umumnya serta masyarakat Kalteng pada khususnya. Selain itu, dalam upaya mendukung peran dan fungsi FKUB, melalui kegiatan ini diharapkan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota dapat mengoptimalkan implementasi regulasi yaitu dengan meningkatkan dukungan anggaran secara siignifikan kepada FKUB dengan mempertimbangkan faktor luas wilayah potensi masalah, heterogeritas penduduk dan kemampuan serta potensi Keuangan Daerah.

“Sebelum mengahiri sambutan ini, saya mengucapkan terimakasih kepada segenap Pengurus dan anggota FKUB dan seluruh masyarakat yang telah menciptakan Kerukunan di Kabupaten/Kota se-Kalteng sehingga sampai saat ini Kerukunan umat beragama di Kalteng dalam kondisi kondusif dan harmonis”, tutup Plt. Gubernur Kalteng.

Rakorda diikuti oleh Pengurus dan anggota FKUB di Kabupaten/Kota se-Kalteng secara virtual. Turut hadir mendampingi Plt. Gubernur Kalteng diantaranya Sekretaris Daerah Prov. Kalteng Fahrizal Fitri,  Danrem 102/ Pjg Brigjen TNI Purwo Sudaryanto dan sejumlah Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng.(WDY/Foto:Agung)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook