Gubernur Kalteng Turut Panen Padi Dalam Rangka Percepatan Tanam Padi Program Food Estate di Kabupaten Pulang Pisau

Kontribusi dari TPHP Prov Kalteng, 13 September 2020 11:24, Dibaca 202 kali.


MMCKalteng - Pulang Pisau - Pengembangan kawasan sentra pertanian strategis terpadu melalui Program Food Estate di Kalimantan Tengah yang ditargetkan sebagai Penyangga Lumbung Pangan Nasional menjadi pusat perhatian bagi pemerintah, stakeholder dan masyarakat. Target pengembangan kawasan Food Estate  tahun 2020 seluas 30.000 hektar yang  tersebar  20.000 hektar di kabupaten Kapuas dan  10.000 hektar di kabupaten Pulang Pisau, mulai diwujudkan bertahap mengikuti pola periode tanam dan panen masyarakat setempat. Dalam dua minggu terakhir, berturut-turut kabupaten Pulang Pisau menerima kunjungan resmi dari Menteri Pertanian RI, Sekda Provinsi Kalimantan Tengah, Unsur Forkopimda Provinsi Kalteng dan para praktisi pertanian dari lingkup Kementerian Pertanian. Di penghujung minggu kedua bulan September 2020, Gubernur Kalimantan Tengah, H.Sugianto Sabran didampingi Bupati Pulang Pisau, H. Edy Pratowo melakukan kunjungan kerja ke Desa Gadabung, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau dalam rangka mendorong percepatan Program Food Estate di kawasan sentra padi yang melakukan panen padi hibrida supadi seluas 20 hektar, Sabtu (12/9/2020).

Turut hadir mendampingi Kunjungan Kerja Gubernur Kalimantan Tengah diantaranya Bupati Pulang Pisau, H. Edy Pratowo, Wakil Bupati Pulang Pisau Pudji Rustati, Kapolda Kalimantan Tengah Irjen Pol Dedi Prasetyo, Danrem 102 Panju Panjung Brigjen TNI Purwo Sudaryanto, Kepala Organisasi Perangkat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah terkait, Ketua Tim Pokja Percepatan Pembangunan Food  Estate Eka Noor Taufik dan unsur Forkopimda kabupaten Pulang Pisau.  Rombongan Gubernur tiba di lokasi Desa Gadabung pukul 10.45 WIB langsung menuju lokasi lahan padi siap panen dan melakukan pemanenan padi bersama Bupati Pulang Pisau, Kapolda Kalteng dan Danrem 102 Panju Panjung menggunakan Mesin Pemanen Padi (Combine Harvester), yang menggabungkan tiga proses penanganan pasca panen dari proses penuaian, perontokan dan pemisahan gabah dalam satu rangkaian operasi.

(Baca Juga : Kesadaran Masyarakat Pemilik Lahan dan Kebun)


"Saat ini, seluruh hamparan lahan sawah di Desa Gadabung, Kec. Pandih Batu, Kab. Pulang Pisau yang termasuk dalam areal kawasan Food Estate telah memasuki musim panen periode pertanaman MT.ASEP (April - September) 2020. Lahan seluas 1.212 hektar dari total luas wilayah desa 1.928 hektar tersebut merupakan lahan sudah tanam untuk komoditas padi. Realisasi luas panen sampai minggu kedua September mencapai 1.100 hektar, dan hari ini dilaksanakan syukuran panen padi di Poktan Margo Rukun seluas 20 hektar. Provitas padi hibrida supadi rata-rata mencapai 6 ton/ha. Sedangkan untuk padi inbrida, rata rata provitas mencapai 4 ton/ha. Petani akan melakukan olah tanah dan siap tanam untuk Program Food Estate setelah panen ini,“ lapor Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Provinsi Kalimantan Tengah, Hj. Sunarti  kepada  Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugianto Sabran, di Desa Gadabung, Kec. Pandih Batu, Kab. Pulang Pisau.

Gubernur Kalimantan Tengah menyampaikan bahwa dalam rangka mendukung Program Food Estate dan mendukung ketahanan pangan nasional, berbagai upaya telah dilakukan pemerintah, khususnya di kawasan sentra pengembangan padi seperti di desa Gadabung ini. Metode pertanian modern diterapkan mulai dari proses produksi, panen, pasca panen, pengolahan hingga produk siap dijual. Oleh karena itu, untuk mendukung Program Food Estate, segala sarana dan prasarana diantaranya alat-alat pertanian, infrastruktur, perbankan dan sarana penunjang lainnya telah disiapkan oleh pemerintah.


Program Food Estate bertujuan mengembangkan pertanian secara terintegrasi dalam suatu kawasan, baik sektor pertanian, peternakan, perkebunan dan perikanan. Yang diharapkan dapat meningkatkan produktivitas pertanian dan kesejahteraan petani. Dalam satu kawasan ada tanaman padi, buah-buahan, sayuran, kelapa, ternak sapi, kambing atau unggas dan ikan. Kalimantan Tengah diberikan amanah oleh Presiden RI  untuk menjalankan Program Food Estate.

"Dalam waktu dekat ini, Bapak Presiden RI akan berkunjung ke Kalteng dan melakukan penanaman perdana di kawasan Food Estate, untuk itu saya minta kepada semua pihak untuk dapat mempersiapkan dengan sebaik-baiknya dan saya juga mengajak seluruh masyarakat petani untuk bahu-membahu membangun Kalimantan Tengah yang BERKAH ini,“ tutur H.Sugianto Sabran setelah melakukan panen padi di Desa Gadabung, Kec. Pandih Batu, Kab.Pulang Pisau. (Ita-PMHP)

TPHP Prov Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook